(Foto: Istimewa)

MINEWS, JAKARTA – Meretas situs besar tentu tak mudah Apalagi situs milik institusi seperti NASA. Tapi siapa sangka, bocah 15 tahun asal Indonesia ini bisa melakukannya dengan mudah.

Adalah Putra Aji Adhari yang mendadak jadi buah bibir karena berhasil meretas situs NASA dalam waktu 3 menit saja.

Bocah SMP asal Tangerang itu mengaku pernah membobol ratusan situs besar termasuk situs milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA.

Putra pun menceritakan soal keberhasilannya meng-hack situs NASA. “Paling mengesankan adalah situs NASA, karena pada saat saya melakukan penetrationtesting itu di luar ekspektasi saya. Karena situs NASA itu pasti sulit apalagi developer-nya banyak banget, bahkan ribuan,” katanya, dikutip Jumat, 29 Maret 2019.

Putra pun mengaku jika keahliannya dalam dunia programming ia peroleh dari kebiasaan main game. “Sehari-hari saya tiap pulang sekolah main komputer dan juga kadang main game,” ujar Putra.

Dari sanalah ia kemudian mulai penasaran, bagaimana sebuah game bisa dibuat. Putra lantas mencaritahu di mesin pencari dan kemudian mulai mempelajari sistem pemrograman.

Putra pun bercita-cita kelak dirinya bisa jadi programmer andal seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg.