Unggahan Twitter @schfess.

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebuah foto yang merupakan tangkapan layar percakapan antara murid dan guru Bimbingan Konseling (BK) virl di media sosial. Isi pesannya membuat terharu muridnya yang sedang mengalami masa sulit.

Kisah ini dibagikan oleh seorang anonim di akun auto-base Twitter @schfess. Si pengirim menceritakan bahwa dirinya saat itu tengah stres.

Ia pun berniat untuk tidak mengikuti pembelajaran di sekolahnya. Sebelum meminta izin guru yang bersangkutan, ia meminta saran kepada Guru BK karena khawatir guru mata pelajarannya tidak menerima alasannya.

“sch! mau cerita, beberapa hari ini aku lagi down dan stress. aku mau izin pjj satu hari. tp karna aku takut guru mapel ga mau nerima alasan ku dan ngira aku males jadi aku minta saran guru bk, trs beliau respon gini dong huhu dan dibantuin izin jugaa,” tulis dia, dikutip Jumat 23 Oktober 2020.

Berdasarkan percakapan tersebut, sang guru mengatakan bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Guru BK itu pun mengatakan tidak apa-apa jika muridnya itu butuh waktu untuk istirahat.

“Your mental health is as important as your physical health, jadi kalau memang kamu butuh istirahat gapapa, istirahat dulu. Jangan paksakan diri kamu,” tulis si guru BK.

Guru tersebut juga menyarankan agar muridnya yang sedang stres itu membuat komitmen dengan dirinya sendiri. “Mungkin kalau ibu boleh kasih saran, kamu bisa buat komitmen dengan dirimu sendiri. You deserve to take a break [kamu berhak beristirahat] tapi bukan untuk lari dari tanggung jawab, justru untuk bisa menjalankan kewajibanmu dengan lebih baik lagi,” jelasnya.

Di akhir pesannya, guru ini mengizinkan muridnya untuk dapat izin satu hari dengan alasan sakit. Hal ini dilakukan agar muridnya itu merasa lebih baik.

“Kamu boleh izin satu hari dengan alasan sakit, do everything you need to do, kamu boleh cuma tiduran aja seharian, atau lakukan hal yang kamu suka, sampai kamu merasa sudah lebih baik lagi,” pungkasnya.

Cuitan ini sekarang telah disukai lebih dari 11 ribu pengguna Twitter. Beragam komentar dari netizen yang memiliki pengalaman terkait guru BK pun membanjiri postingan tersebut.

“Bruh, guru BK gua bocorin kalo gua gak suka sama guru biologi gua berakhir dengan nilai gua dimainin dan gabisa masuk IPA. Which result I can’t go after my dream anymore then I need professional’s helps and meds, even now I still have relapses. Lol,” komentar @whippe**rsebae.

“Guru bk ku juga gitu! aku sempet tanya tanya, gimana ya caranya biar ada semangat belajar? pas itu aku lagi ilang motivasi. terus sama bu guru disuruh nyoba hal hal yang biasanya aku lakuin kalau lagi bosen gituuu. kebetulan sekolahku lowong, guru aja jarang on hehe. nih nder,” tulis @Cutie**ckJisu.

“Guru BK ku juga ada yg kayak gitu
BTW ini waktu anak kelas ku ngeluh masalah sekolah online
Huhuhu sayang banget sama ibunya,” kata @Mi_**asa.

“Jangan pernah lupain guru bk mu ya nder, beruntung bgt punya guru bk yg peduli. sedangkan guru bk ku malah ngutamain konseling kelompok,” tulis @kyut**dami.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here