Orang Tajir Naik Gunung Diduga Memperbudak Warga, Begini Faktanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Video seorang pria yang diduga memperbudak warga saat melakukan hiking viral di media sosial. Pria itu naik di atas gerobak yang kemudian ditarik oleh beberapa warga setempat.

Buat yang belum mengerti, hiking merupakan kegiatan outdoor dimana kalian akan melakukan kegiatan perjalanan sebagai kegiatan utama dari rekreasi sambil berolahraga. Jadi memang gak heran kalau kegiatan ini bisa menguras banyak energi.

Diketahui video iru diambil dari unggahan Instagram Story si perekam. Dalam video tersebut terdapat keterangan,”Hiking is so exausting. I didnt know hiking is so damn hard.”

Video pendek tersebut kemudian dibagikan ulang oleh akun Twitter @CybSuquadr___. Video itu diberi caption, “Pengen ngehujat atau apa, mata gue kok sakit lihatnya ya,” tulisnya menerangkan video yang diunggahnya.

Isi video menampilkan beberapa warga sedang bersusah payah menarik seseorang pria yang duduk selonjoran di atas gerobak. Video viral itu direkam si pria yang diduga memperbudak warga itu.

Terlihat pula trek yang dilalui gerobak tersebut cukup terjal dan menanjak. Pria itu merekam ekspresi kesusahan warga yang menariknya.

Video yang telah dilihat hingga 139 ribu kali tayangan itu kemudian viral. Beragam komentar pun bermunculan.

Beberapa netizen mencoba menjelaskan bahwa yang dilakukan itu bukanlah perbudakan. Itu adalah mata pencaharian warga setempat.

“Itu emang kerja astagaaa, emang kayak gitu cara mereka nyari duit. Bayarannya juga bukan serebu duarebu. Bayarannya mayan kok,” timpal akun @ngeCe**in_ mencoba meluruskan kebenaran video tersebut.

“Kalo ga salah bapak-bapak ini dulunya adalah para penambang belerang di kawah Ijen. Hasil gak seberapa namun berbahaya buat kesehatan mereka secara jangka panjang. Kemudian dapat donasi gerobak, biar gak panggul belerang ke bawah. Bapak-bapak ini kreatif akhirnya dipake buat taksi,” timpal @ryan_r**anto

“Setidaknya sekarang mereka gak perlu bertaruh nyawa buat nambang belerang ke kawah, karena udah ada alternatif kerjaan lain,” sambungnya.

Berdasarkan penelusuran Minews.id, di Kawah Ijen, Jawa Timur memang terdapat jasa taksi angkut pengunjung yang digerakkan oleh warga setempat. Tarifnya mulai dari Rp 600.000 – Rp 800.000 untuk perjalanan naik dan turun gunung.

Biasanya, para pekerja taksi angkut itu melayani wisatawan dari turis-turis dari Indonesia, Jerman, Thailand, dan negara-negara lain. Ada perbedaan harga antara turis domestik dengan turis asing.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini