Nike Illuminati
Nike Illuminati

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tepat pada 20 April, produsen sepatu NIKE merilis model terbarunya, Kyrie 5 UFO. Sepatu seharga 130 dolar AS tersebut dituding menyelipkan konspirasi illuminati dan misteri UFO.

Kehadiran Nike Kyrie 5 sneakers UFO ini menjurus pada sosok Earther Kyrie Irving, pemain basket NBA All Star. Irving dikenal sebagai pendukung propaganda Bumi datar.

Bahkan Irving pernah secara terbuka menyatakan bahwa Federal Reserve telah membunuh JFK, Illuminati mengendalikan dunia, pendaratan di bulan palsu, dan CIA pernah mencoba membunuh Bob Marley.

Asal tahu saja, desain sepatu Kyrie 5 UFO juga menampilkan Eye of Providence (Mata Satu) yang khas Illuminati. Tak hanya itu, jika ditarik ke belakang, Drederick Irving, ayah Kyrie, adalah seorang Australia yang menikah dengan Elizabeth.

Garis keturunan Sang Ibu, darah suku Sioux mengalir di tubuh Elizabeth karena ia adalah keturunan langsung. Sioux adalah suku asli Amerika Utara. Penduduk Sioux tinggal di DAS (daerah aliran sungai) Mississippi. Area yang kini bernama Dakota itu adalah tempat pendaratan pedagang Eropa yang datang ke Benua Amerika di awal abad 17, saat Masa Pencerahan sedang berlangsung.

Alhasil, pengetahuan Eropasentrisme—termasuk paham Illuminati—pun ikut masuk lewat interaksi penduduk Sioux dengan pedagang. Lalu, bagaimana dengan tato segitiga bermata satu di lengan Irving?

Gonzales-Whippler juga menyebut bahwa Tangan Hamsa ini merupakan perlambangan perlindungan dari Mata Satu. Simbol itu dianggap sebagai simbol kesialan dan kerugian di kawasan Afrika Utara terutama Tunisia.

Daerah tersebut juga merupakan tempat singgah pedagang Prancis sebelum bertolak ke kawasan Sungai Mississippi. Hal itu dipresentasikan sebagai sebuah tangan berorgan dua ibu jari dan tiga jari tengah yang mengurung simbol Mata Satu.

Dengan harga 130 dolar AS, sebagian dari uang penjualan Nike tersebut akan digunakan untuk membayar perjanjian lisensi Nike dengan Kyrie Irving, yang menghasilkan 20.099.188 dolar AS setahun.

Menurut film dokumenter 1995 Behind the Swoosh, sebenarnya Nike hanya membutuhkan biaya sekitar 13 dolar AS untuk tenaga kerja dan bahan-bahan dari Indonesia untuk menghasilkan sepasang rata-rata 100 dolar AS.