Nih 5 Bandara Terkecil di Dunia, Ada yang Landasan Udaranya di Pantai!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Bagi kamu yang gemar traveling, atau yang pernah bepergian menggunakan pesawat, pasti menyenangkan bisa melihat dunia dari atas awan.

Beberapa bandara yang pernah kamu kunjungi mungkin terlihat biasa saja, seperti bandara pada umumnya. Namun pernahkah kamu mengunjungi bandara terkecil di dunia?

Jika belum, kamu bisa ke beberapa tempat ini untuk dapat merasakannya. Berikut lima bandara terkecil dari belahan dunia:

1. Bandara Juancho E. Yrausquin, Belanda.

Bandara Juancho E. Yurausquin, Belanda. (Foto: pinterest.com)

Terletak di Saba, pulau terkecil di Karibia, Belanda. Bandara ini hanya memiliki satu landasan udara saja.

Landasan ni merupakan landasan udara terpendek di dunia, yaitu sepanjang 400 meter. Saking kecilnya, kapal induk dan pesawat jet sampai dilarang menggunakannya.

Satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan ini adalah Winair, yang mengopersikan penerbangan harian ke pulau-pulau terdekat, yakni Saint Martin dan Saint Eustatius.

Nggak hanya itu, letak bandara ini juga termasuk mengerikan. Salah satu sisinya berbatasan langsung dengan pegunungan, dan pa kedua ujung landasan menghadap langsung ke laut. Beruntungnya, belum pernah terjadi kecelakaan pesawat di bandara ini.

2. Bandara Internasional Moshoeshoe I, Lesotho.

Bandara Internasional Moshoeshoe I, Lesotho. (Foto: lestimes.com)

Berlokasi di Maseru, Lesotho, sebuah kerajaan di Afrika Selatan yang tertutup. Nama Moshoeshoe I diambil dari nama Raja Lesotho yang berkuasa pada tahun 1850-an.

Bandara ini secara resmi disebut sebagai bandara internasional. Namuns atu-satunya penerbangan bandara ini hanya ke kota Johannesburg, dengan menggunakan makspai South African Airways.

Bandara yang terletak di ketinggian 1.630 meter ini memiliki dua landasan pacu yang panjangnya hanya sekitar 1.000 meter. Penumpang dapat sementara jam menunggu penerbangan mereka di bandara toko suvenir, restoran, bar dan agen koran.

3. Bandara Luang Prabang, Laos.

Bandara Luang Prabang, Laos. (Foto: camce.com.cn)

Salah satu bandara terkecil di dunia ternyata ada di Asia Tenggara, yaitu Laos. Landasan pacunya hanya 2.200 meter, namun mengalami ekspansi signifikan pada tahun 2012.

Bandara ini dapat menanmpun pesawat paling besar, kecuali Airbus 380. Meskipun kecil, bandara ini dinobatkan sebagai bandara tersibuk kedua di dunia, loh!

Bandara Luang Prabang melayani penerbangan internasional ke Bangkok, Chiang Mai, Siem Reap, dan kota-kota lainnya. Sementara itu, para penumpang di bandara dapat menikmati belanja, restoran dan fasilitas pertukaran mata uang di sana.

4. Bandara Morgantown Municipal, Amerika.

Bandara Morgantown Municipal, Amerika. (Foto: morgantownairport.com)

Morgantown Municipal digunakan untuk penerbangan umum, tapi juga dilayani oleh satu maskapai komersial yang menghubungkan kota ini dengan Clarcksburg, West Virginia, dan Washington Dulles International Airport di Washington DC.

Bandara ini melayani berbagai fasilitas, loh! Ada parkir gratis, kopi gratis, Wi-Fi, dan restoran. Kamu bisa melihat lepas landas sambil menyantap makan siang.

Dengan landasan pacu sepanjang 1.585 meter, bandara ini tentu tidak dapat menangani pesawat ukuran besar. Tapi tenang saja, permintaan telah diajukan kepada Federal Aviation Administration untuk memperpanjang landasan.

5. Bandara Barra, Skotlandia.

Bandara Barra, Skotlandia. (Foto: ukairfieldguide.net)

Selain kecil, bisa dibilang bandara ini juga salah satu yang paling unik. Bandara Barra adalah bandara terckil yang terletak di teluk dangkal utara ujung Pulau Barra, Skotlandia.

Barra Airport menawarkan wisatawan dengan fasilitas parkir yang cukup, fasilitas penyewaan mobil, dan angkutan umum yang melayani ke seluruh pulau.
Kenapa disebut unik? Karena bandara ini merupakan satu-satunya bandara yang menjadikan pantai sebagai landasan udaranya.

Hal itu membuaut jadwal penerbangannya bervariasi, tergantung kondisi ombak pantai, sehingga bandara hanya buka tidak lebih dari dua setengah jam antara hari Senin dan Sabtu. Kalau gelombang pantainya sedang tinggi, bisa-bisa landasan ini terendam air. Ukuran landasan pacunya juga bisa dibilang sangat pendek, yaitu hanya sekitar 680 meter. (Dinda)

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini