Masya Allah, Seniman Pakistan Ciptakan Mahakarya Berupa Salinan Al-Qur’an Berlapis Emas!

Baca Juga

MATA INDONESIA, KARACHI – Ada begitu banyak cara orang berkarya dan menyalurkan hobinya. Seperti seorang seniman di Pakistan, Shahid Rassam yang sedang menciptakan mahakarya unik lagi menakjubkan.

Rassam tengah menyelesaikan mahakaryanya berupa salinan Al-Qur’an berlapis emas terbesar di dunia! Berbicara di hadapan wartawan saat konferensi pers di Karachi Press Club, Shahid mengatakan bahwa ia mulai membuat mahakarya luar biasa ini sejak 2016.

Salinan Quran setebal 550 halaman akan memiliki 2.000 pon aluminium, dan 200 pon emas untuk pelapisan. Untuk itu, katanya, proyek fantastis ini membutuhkan dukungan pemerintah dan sektor swasta.

“Setiap halaman panjangnya 2,6 meter dan lebarnya dua meter. Alih-alih tinta atau cat, kami menggunakan logam untuk mencetak kata-kata, dan sebagai ganti kertas, kami menggunakan kanvas,” kata Shahid Rassam, melansir GEO TV.

“Ketika saya pertama kali menunjukkannya kepada Anwar Maqsood Sahib, ia bertanya kepada saya berapa lama saya akan menyelesaikannya. Dia bertanya apakah cucu saya akan menyelesaikan proyek tersebut setelah mengetahui bahwa saya membutuhkan waktu dua tahun untuk menyelesaikan dua halaman,” tuturnya.

Untuk mempercepat proses tersebut, Rassam mengatakan telah mempekerjakan sebanyak 200 kaligrafer, desainer, pelukis, serta pematung muda. Ia mengatakan, setelah mahakarya ini selesai, salinan Al-Qur’an berlapis emas perlu ditempatkan di museum khusus.

“Saya juga meminta dukungan dari Aga Khan Foundation,” sambungnya.

Menurut Anwar Maqsood, Rassam adalah seniman yang mengikuti kata hatinya. Ia berpandangan bahwa karyanya belakangan ini tidak hanya dicintai oleh umat Islam tetapi juga oleh mereka yang tertarik pada seni.

“Tentu saja, jika Anda meminta museum untuk menampungnya, Anda mungkin juga meminta seratus ribu personel keamanan untuk menjaganya karena itu sarat dengan emas,” candanya, menambahkan bahwa Yayasan Aga Khan akan ideal untuk membantu dan mendukung proyek semacam itu.

Presiden KPC Fazil Jamili menyatakan bahwa Rassam telah memberikan jasa yang tak ternilai dengan menciptakan sebuah karya seni yang begitu memukau.

“Ini adalah sebuah mahakarya. Dan sebagai orang Pakistan, kami bangga mendapatkan kesempatan untuk melihat pekerjaan semacam ini dalam hidup kami,” tegasnya.

Karya lain Rassam adalah menorehkan Surah-e-Rahman dengan tulisan aluminium dan berlapis emas di atas kanvas berkualitas tinggi, yang telah dilakukan untuk pertama kalinya dalam sejarah Islam selama lebih dari 1.400 tahun.

Karya luar biasa ini diresmikan oleh Penasihat Perdana Menteri Perdagangan dan Investasi Pakistan, Abdul Razak Dawood bersama Duta Besar Pakistan untuk UEA Afzaal Mahmood, pejabat senior Expo 2020, diplomat dan eksekutif perusahaan yang hadir pada kesempatan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini