Kaleidoskop 2019: Berita Viral Sepanjang Tahun, Dibuka Vanessa Angel hingga Terbaru Selir Ari Askhara

Baca Juga

 

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sepanjang tahun 2019, banyak hal yang telah terjadi. Beberapa di antaranya ada yang sempat menghebohkan masyarakat Indonesia atau mungkin dunia.

Setiap bulannya, setidaknya ada satu berita yang sempat viral di berbagai platform media. Untuk mengingat kembali, berikut kaleidoskop hal-hal viral sepanjang tahun 2019:

1. Januari

Awal tahun ini netizen digemparkan dengan kasus prostitusi online yang kembali terulang. Kali ini menyeret nama artis cantik Vanessa Angel.

Ia telah resmi ditetapkan sebagai tersangka pelaku prostitusi oleh Polda Jatim, pada Rabu, 16 Januari 2019 setelah terciduk oleh polisi di sebuah hotel di Surabaya dan menjalani proses pemeriksaan.

View this post on Instagram

Jangan lupa sholat jumat ya mas.. ?

A post shared by Vanessa AngeL ? (@vanessaangelofficial) on

Menurut Yusep Gunawan, Dirreskrimsus Polda Jatim, Vanessa Angel mendapat kiriman transfer sebanyak 15 kali dari muncikari berinisial ES. Ia juga mengungkap bahwa tak hanya satu muncikari yang memfasilitasi Vanessa. “Dalam hal ini (prostitusi artis VA difasilitasi 6 muncikari,” bebernya.

Vanessa Angel dijerat pasal Undang-Undang ITE nomor 27 ayat 1 tentang kesusilaan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

2. Februari

Pasti masih ingat dengan video seorang laki-laki membongkar motor saat ditilang, kan? Yup, peristiwa itu terjadi pada 7 Februari 2019.

Diketahui, pelaku adalah seorang pria bernama Adi Saputra. Aksi ‘unboxing’ sepeda motor itu terjadi di daerah Serpong, Tangerang Selatan. Nggak hanya ngerusakin motor yang dibeli murah karena hasil pencurian itu, tapi Adi juga membakar STNK tak lama setelah motor tersebut disita oleh Bripka Oky.

Menurut keterangan pihak kepolisian, Adi membakar STNK atas kekesalannya karena sepeda motornya telah disita polisi. “Tujuannya adalah lanjutan dari kejadian pagi harinya, karena dia pikir motor sudah tidak ada, tidak ada gunanya lagi STNK, sehingga dia bakar,” ungkap Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Fery Irawan di Mapolres Tangerang Selatan, Jumat, 8 Februari 2019.

Atas aksi brutalnya itu, Adi resmi menjadi tahanan kejaksaan pada Selasa, 9 April 2019. Adi Saputra akan dikenakan Pasal 480 KUHP tentang penadahan, 406 KUHP tentang perusakan barang milik orang lain, dan 2016 KUHP tentang perlawanan pada petugas

3. Maret

Seorang pria bernama Brenton Tarrant menghebohkan dunia, khususnya warga Selandia Baru pada 15 Maret lalu. Ia melakukan penembakan di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood di daerah Christchurch, New Zealand, pada pukul 13.40 waktu setempat.

Dari aksi brutal yang disiarkan langsung melalui Facebook itu, setidaknya ada 49 orang meninggal, dan 20 orang luka-luka. Beberapa senjata api ditemukan di kedua lokasi kejadian. Ada pula dua bom rakitan yang ditemukan di dalam mobil.

Brenton Harrison Tarrant merupakan pria berkewarganegaraan Australia dan berusia 28 tahun. Ia telah ditahan dan menghadiri siding di Christchurch dengan dakwaan pembunuhan. Dua tersangka lainnya telah ditangkap karena diduuga terlibat dalam penyerangan tersebut.

4. April

Kasus dugaan penganiayaan terhadap A, pelajar SMP di Pontianak sempat viral di media sosial. Dari kabar yang beredar, kekerasan yang dilakukan terhadap A dilakukan oleh 12 orang hingga merusak area sensitif korban.

View this post on Instagram

Sudah ada update terkait postingan ini??

A post shared by Since 2016 (@kekomukan) on

Kasus ini mengundang banyak simpati, baik dari dalam maupun luar negeri hingga memunculkan tagar JusticeForAudrey yang mendunia.

Peristiwa ini bermula dari cekcok akibat saling ejek antara A dengan siswi SMA di media sosial. Salah satu pelajar berinisial EC alias NNA (17) mengaku bahwa perkelahian dimulai karena kekesalannya terhadap A yang sering mem-bully dirinya di media sosial.

A dan siswi SMA lainnya bertemu di tepi Sungai Kapuas, pada Jumat, 29 Maret 2019 untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Saat itulah, pertengkaran terjadi.

Setelah perkelahian tersebut selesai, ibu dari korban melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Pontianak. Pihak kepolisian pun melakukan penyidikan hingga ditetapkanlah tiga tersangka pelaku, yaitu AR, EC alias NNA, dan LL.

“Tetapi fakta yang ada itu menjambak rambut, mendorong sampai terjatuh, memiting, dan melempar sandal. Itu ada dilakukan dan tidak ada tindakan melukai alat kelamin,” kata Kapolresta Pontianak Kombes M Anwar Nasir.

5. Mei

Video mesum yang melibatkan mahasiswa dengan siswi SMP sempat viral di bulan ini. Diduga video adegan dewasa tersebut diperankan oleh sepasang kekasih asal Banyuwangi.

Bahkan dalam kedua video yang beredar, memperlihatkan wajah keduanya dengan jelas. Pria dalam video tersebut dikenal sebagai seorang YouTuber asal Banyuwangi dengan ribuan subscriber.

RS, mahasiswa tersebut akhirnya membuat klarifikasi melalui Insta Story miliknya. Ia mengaku bahwa pria dalam video mesum tersebut benar merupakan sosok dirinya. RS juga mengaku bahwa video itu adalah video lama yang direkamnya satu tahun lalu.

6. Juni

Remaja bernama Thoriq Rizki Maulidan dikabarkan hilang saat sedang melakukan pendakian di Gunung Piramid Bondowoso, Jawa Timur, Minggu, 23 Juni 2019. Pendeaki tersebut diketahui baru lulus SMP. Sejak kabara hilangnya Thoriq, tim pencari turut andil dalam pencarian di Gunung Piramid dengan jumlah yang banyak.

Setelah menghilang selama 12 hari dan dilakukan pencarian, Thoriq ditemukan sudah tidak bernyawa. Jasadnya ditemukan oleh sejumlah relawan dan tim pencari di lokasi ‘Punggung Naga’ Gunung Piramid pada Jumat, 5 Juli 2019. Lokasi tersebut diakui sulit untuk dijangkau.

7. Juli

Perbincangan soal hubungan puteri dari Ustad Yusuf Mansur, Wirda Mansur dengan Gus Azmi sempat heboh di kalangan netizen.

View this post on Instagram

Cocok yg 1/2 nih? #justkiding✌

A post shared by Azmi Askandar (@gusazmi_ofc) on

Beberapa foto yang diunggah membuat netizen yang banyak mempertanyakan kejelasan hubungan mereka. “Wirda pacaran sama Gus Azmi?,” tanya seorang netizen. “Anak ustad kok pacaran sih?,” Tanya netizen lain.

Kedekatan mereka dikaitkan dengan lirik lagu Cinta dalam Istikharoh yang dinyanyikan oleh grup salawat Gus Azmi sendiri. “Gus Azmi bilang, tidak perlu pacaran. Eh sekarang, malah pacaran,” tulis komentar dari salah satu netizen.

Lirik lagu tersebut adalah:
Jangan turuti nafsu
Tanamkan di hati iman yang kokoh
Pacaran tidak perlu
Temukan cinta dalam Istikharah

Menanggapi hal tersebut, Wirda Mansur menjelaskan lewat channel YouTube-nya bahwa ia dan Gus Azmi terlibat dalam proyek film yang dijadwakan tayang Oktober 2019. “Jadi, dalam film The Santri itu ada aku, Gus Azmi, Veve Zulfikar, dan beberapa pemain lain. Nah, kebetulan hanya dia yang aku tidak kenal,” jelas Wirda.

8. Agustus

Sebuah kisah yang diceritakan oleh pemilik akun Twitter @SimpleM81378523 yang berjudul ‘KKN di Desa Penari’ sempat heboh di Agustus 2019. Kisah tersebut menceritakan tentang kejadian horror yang dialami beberapa mahasiswa saat menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa.

Penulis tersebut memilih untuk menyamarkan namanya dengan sebutan SimpleMan. Ia mengaku bahwa kejadian tersebut tidak langsung dialami oleh dirinya, melainkan dari sudut pandang seseorang bernama Widya yang dikabarkan terlibat dalam cerita tersebut.

Cerita tersebut terjadi pada tahun 2009. Saat itu, Widya tengah menyelesaikan salah satu syarat untuk skripsi, yaitu KKN. Ada 14 mahasiswa yang mengikuti KKN tersebut, namun penulis memfokuskan pada 6 orang bernama Widya, Nur, Ayu, Wahyu, Bima, dan Anton.

Singkatnya mereka menjalani KKN di sebuah desa yang menyimpan misteri. Mereka harus mematuhi peraturan dari desa tersebut agar terhindar dari malapetaka. Namun, Ayu dan Bima melanggarnya dan berakhir tewas karena adanya gangguan mistis yang dialami.

SimpleMan mengaku bahwa ia membutuhkan waktu selama 11 hari iuntuk menulis thread cerita tersebut di Twitter. Cerita ‘KKN di Desa Penari’ juga ikut dibahas oleh YouTuber Raditya Dika. Bahkan tayangan tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 2 juta orang.

9. September

Instagram sempat dihebohkan dengan video viral dari seorang pria yang menyanyikan sebuah lagu dengan lirik yang tidak jelas. Lagu berjudul ‘Kasih Ssayang Kepada Orang Tua’ tersebut diunggah oleh seorang pria bernama Mawang melalui akun YouTube MAWANG, pada Minggu, 30 Juli 2019.

Video yang ditonton sebanyak lebih dari 7 juta kali itu menjadi viral karena cara menyanyi dan lirik yang unik yang diucapkan Mawang. Pria bernama lengkap Ridwan Mawang Sanja Irawan itu menjelaskan bahwa makna dari lagu tersebut adalah tentang rasa cinta kepada orangtua.

“Kalian punya kedua orangtua seperti saya, punya seorang ayah dan juga seorang ibu. Andaikan saja mudah untuk ungkapin perasaan buat orangtua. Datang pulang ke rumah ada kedua orangtua,” jelasnya.

10. Oktober

Penayangan film Joker pada Oktober 2019 memperoleh beragam reaksi. Film garapan sutradara Todd Phillips itu mengisahkan tentang masa lalu Joker, yang diperankan dengan apik oleh aktor Joaquin Phoenix.

Terlepas dari itu, ada yang menarik dari fenomena Joker ini. Kalimat ‘orang jahat adalah orang yang baik’ menjadi viral di jagat maya. Banyak yang mengunggah tulisan tersebut setelah menonton film berdurasi 122 menit itu.

Hal tersebut tentu menuai beragam opini netizen. Ada yang setuju dengan kalimat tersebut, ada juga yang beranggapan bahwa kalimat tersebut tidak relevan dan omong kosong.

11. November

Kamu pasti nggak asing dengan meme ‘You guys are getting paid?” yang beredar di media sosial akhir-akhir ini. Meme yang merupakan potongan adegan dari film “We’re the Millers’ itupun menjadi viral di bulan ini.

Film ini mengisahkan tentang sekelompok penyelundup narkoba yang menyamar sebagai keluarga untuk dapat menerobos perbatasan menuju Amerika Serikat dari Meksiko. Adegan yang dijadikan meme tersebut merupakan adegan di mana mereka sedang bertengkar.

Suatu ketika, David Clark mengungkap nominal uang yang ia incar. Setelahnya, adegan menampilkan reaksi kocak yang beruntun dari keempat tokoh lainnya Berkat reaksi beruntun dari keempat tokoh utamanya yang kocak. Momen ini langsung menuai banyak sekali meme dari para netizen.

12. Desember

Pemecatan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) I Gusti Ngurah Askhara oleh Menteri BUMN Erick Thohir masih menjadi sorotan publik.

Sebelumnya Ari Askhara dipecat atas skandal pengiriman suku cadang sepeda motor Harley Davidson dan sepeda Brompton lewat pesawat Airbus A330-900 milik PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang dikirim dari Prancis.

Tak hanya itu, ada skandal lain yang tak kalah menghebohkan dan menjadi sasaran empuk publik. Ari Askhara diduga selingkuh dengan pramugari maskapai Garuda.

Sosok perempuan itu adalah Putri Novitasari Ramli, yang menjadi perbincangan hangat warga Twitter. Isu itu disebar pengguna Twitter @digeeembok, yang membongkar kelakukan-kelakuan Ari Askhara kala menjabat sebagai Dirut.

Meskipun hanya selingkuhan, disebutkan bahwa sosok Purti ini sangat berkuasa. Ari Askhara bahkan diduga memanjakan selingkuhan dengan uang perusahaan. Salah satunya yakni saat Putri melakukan operasi pelasyik di Osaka, Jepang. (Dinda)

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini