Inspiratif! Lulusan SMK di Banyuurip Buat Robot untuk Ibu yang Berjualan Telur Dadar Mini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seorang lulusan siswa SMK viral di media karena membuat robot untuk membantu ibunya berjualan telur ceplok keliling. Ia sengaja membuat robot tersebut sebab ibunya memang sudah lama mengalami masalah penglihatan.

Lulusan siswa SMK asal Kelurahan Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, Jawa Tengah itu bernanama Agung Budi Wibowo. Usianya baru 18 tahun. Ide pembuatan robot memang sudah ada sejak setahun yang lalu, tetapi baru bisa terealisasikan tahun ini dengan berbagai macam pertimbangan.

Robot yang ia buat tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk memasukan telur ke dalam cetakan. Ia membuatnya dengan proporsi yang pas. Setiap pengisian telur juga terlihat sempurna karena tidak ada yang berceceran.

Menariknya, ia membuatnya secara otodidak mengandalkan Youtube dan informasi dari Google. Hal ini ia lakukan demi membantu ibu tercinta.

Agung juga berharap adanya robot tersebut bisa membantu ibunya berjualan, meski dalam bentuk atau wujudnya belum sempurna, ia akan tetap terus melakukan pengembangan.

Kisah yang diupload oleh akun @wowunix itu menarik perhatian netizen yang kagum dengan robot buatan lulusan SMK itu.

@dolymaisaputra, “Mantap teruskan berinovasi.” tulisnya dalam komentar.

Ada juga netizen yang langsung ngetag Presiden Indonesia Joko Widodo, “Ini awal dari orang cerdas yg akan memajukan bangsa….pak @jokowi tolong di perhatikan anak2 cerdas indonesia seperti ini….”

Selain itu ada netizen yang berkomentar kalau inovasi yang dibuat oleh Agung harus diberikan apresiasi dan dukungan dari pemerintah setempat. “Nah ini coba di modalin pemerintah dong.. kasih asupan materi biar ilmu nya kepake di indonesia.. jgn sampe ntr gede nya jd milik negara lain atau bahkan melempem ilmunya krn desakan kehidupan..” tulis akun @tha.gharty.

View this post on Instagram

Seorang pemuda warga Kelurahan Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, mampu menciptakan robot yang unik. Agung Budi Wibowo (18), yang hanya lulusan SMK ini membuat robot untuk membantu ibunya berjualan jajanan telur ceplok keliling. . Agung menceritakan, ia sudah mempunyai ide untuk membuat robot itu sejak tahun lalu, namun naru dapat direalisaikan tahun ini. Ibunya yang berjualan jajanan telur ceplok keliling mengalami masalah dengan pengelihatannya sehingga mengganggu akttivitas berjualan. . Dengan robot ini, Budi mengaku ibunya tak lagi harus susah-susah mengisi telur ke wajan cetakan untuk memasak telur. Namun, robot ini masih dalam pengembangan karena dinilai masih kurang sempurna. Budi akan menginovasi robotnya, jarena saat ini robot masih memakai tombol. . Tenaga penggerak yang masih menggunakan baterai rencananya akan dikembangkan menggunakan panel surya. Untuk penggeraknya, ia menggunakan servo dan bahan lain berupa akrilik. Budi mengaku belajar program robotik lewat google dan youtube. Ia mengaku hingga saat ini belum member nama robot ciptaannya tersebut.

A post shared by wow unik (@wowunix) on

(Anita Rahim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini