Ini Penampakan Lambang Garuda yang Dimodifikasi Paguyuban Tunggal Rahayu di Garut

Baca Juga

MATA INDONESIA, GARUT – Aksi Paguyuban Tunggal Rahayu yang mengubah lambang dan semboyan Garuda Pancasila sungguh mencengangkan. kelakuan mereka lantas membuat gempar seisi kota Garut pada awal September 2020. Paguyuban ini pun tengah diselidiki oleh Pemda Garut dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Garut.

Seperti dalam foto yang ditemukan pada Facebook, Paguyuban Tunggal Rahayu mengubah bentuk burung garuda yang tertera pada lambang Pancasila.

Misalnya, pada kepala burung yang aslinya seharusnya mengarah ke kanan, mereka malah membuatnya terlihat menghadap ke depan.

Tak Hanya itu, mereka juga membuat isi bagian tengah dari lambang Pancasila. Pada lambang yang pertama, kelompok ini mengubah bagian tengah burung yang sebelumnya berisi padi-kapas, kepala banteng, pohon beringin, rantai dan bintang menjadi bulatan berisi peta dunia dan tulisan ‘GARUDA BOLA DUNIA’.

Ini Penampakan Lambang Garuda yang Dimodifikasi Paguyuban Tunggal Rahayu di Garut (2)

Selain merubah lambang Pancasila, kelompok ini juga diketahui merubah semboyan Bhineka Tunggal Ika. Mereka mengubahnya menjadi ‘Bhineka Tunggal Ika Soenata Logawa’.

Paguyuban Tunggal Rahayu diketahui berasal dari Kecamatan Cisewu, Garut. Mereka dikomandoi seorang ketua yang diketahui bernama Sutarman.

Kelompok tersebut eksis di media sosial Facebook. Berdasarkan penelusuran Mata Indonesia di Facebook, terdapat beberapa akun bernama Tunggal Rahayu dengan unggahan serupa. Namun akun-akun tersebut dibedakan dari nama daerah seperti Paguyuban Tunggal Rahayu wil. Kab Tasik dan Tunggal Rahayu wil. Cibiuk hingga Tunggal Rahayu wil. Kandang Wesi 101-010.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini