ikan berwajah manusia hebohkan warganet

MINEWS, JAKARTA-Belum lama ini, warganet dihebohkan dengan video yang beredar di jagat maya, dengan penampakan seekor ikan mas yang memiliki wajah seperti manusia.

Pemandangan unik dan langka terlihat di sebuah tempat wisata danau di Kota Kunming, China tepatnya di Desa Miao. Dalam video nampak seekor ikan mas dengan sisik hitam-emas, memiliki tanda seperti bentuk wajah, hidung, mata, dan mulut manusia.

Pengunjung yang terkagetkan dengan fenomena itu langsung merekamnya dan membagikan ke sosial media.

Penampakan wajah ikan yang seperti manusia ini termasuk fenomena langka. Lantaran kebanyakan ikan mas tidak mempunyai struktur wajah seperti itu. Meskipun sebelumnya ikan mas seperti ini pernah ditemukan juga di Inggris dan Taiwan.

Memang banyak yang menyebutnya unik, namun tak sedikit juga warganet yang menganggap ikan mas dengan wajah manusia itu malah terlihat menyeramkan. Bahkan sampai ada yang bilang tak akan ada orang yang berani memakan ikan seperti itu.

Usut punya usut ikan mas yang viral itu merupakan penghuni perairan dibarat daya China. Nama ilmiah ikan tersebut Cyprinus Carpio yang dikenal memang memiliki bentuk tubuh dan warna yang beragam.

Jadi bukan tidak mungkin corak warna pada tubuh ikan mas itu bisa terlihat mirip dengan sesuatu termasuk wajah manusia.

Tak hanya itu, manusia memang mempunyai kecenderungan untuk mengaitkan ciri dan karakteristik yang ada pada tubuhnya dengan benda mati atau hewan. Kecenderungan ini disebut dengan antropomorfisme. (Hutri Dirga)