Horor! Ikan Ini Menghisap Darah Seperti Vampir, Begini Bentuknya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Berbagai jenis ikan hidup di laut baik itu dipermukaan hingga di laut dalam. Bahkan ada jenis ikan yang tampilan menyeramkan dan dianggap sebagai pengganggu manusia.

Namun, dalam kenyataannya ikan menyeramkan sama sekali tak mengganggu manusia dan justru bermanfaat bagi lingkungannya.

Salah satu contoh dari hewan tersebut adalah lamprey laut. Ikan ini punya bentuk yang menakutkan, yang mulutnya tidak berahang tapi dipenuhi dengan gigi-gigi tajam.

Para peneliti sering menyebut lamprey laut sebagai ‘ikan vampir’ Penamaan tersebut memang tidak berlebihan. Sebab, lamprey laut memang makan dengan mengisap darah ikan lain yang ada di sekitarnya.

Karena cara makannya yang seperti itu, lamprey laut si ikan vampir sering dilabeli sebagai parasit laut. Meski demikian, sumbangsih lamprey laut bagi ekosistem ternyata lebih besar ketimbang ‘tabiat’-nya yang merugikan ikan lain.

Agensi kelautan Vermont Fish & Wildlife memaparkan bagaimana ikan vampir tersebut membantu lingkungan di sekitarnya. Biasanya, lamprey laut menggali bagian bawah sedimen dasar sungai dan menyaring makanan pada detritus (bahan organik mati) sebelum menuju samudera dan hidup sebagai parasit pada organisme lain ketika remaja.

Menjelang akhir hidup mereka, ikan vampir ini akan kembali ke air tawar untuk bertelur dan kemudian mati segera setelahnya. Nah, ketika lamprey laut mati, tubuh mereka akan mengalami dekomposisi dan mendaur ulang unsur hara ke dalam ekosistem sungai.

Meskipun lamprey laut bertahan hidup dengan menjadi ‘vampir’ dan mengisap darah ikan lain, mereka dikenal tidak menyerang manusia dan harus dibiarkan sendirian.

Vermont Fish & Wildlife pun meminta agar orang-orang yang menemui lamprey laut agar tidak takut, karena mereka tidak menjadi parasit ketika bertelur.

“Jika kamu melihat lamprey laut ketika bertelur atau sudah menjadi bangkai, jangan khawatir,” kata Will dalam posting Facebook. “Ikan itu memberikan sejumlah manfaat ekologis yang penting dan dianggap sebagai Spesies yang Paling Dibutuhkan Konservasi di Vermont dan New Hampshire.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini