Rihanna

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rihanna mendapat kecaman dari publik karena dinilai telah menghina umat islam. Kecaman ini muncul setelah ia memakai lagu yang mengandung narasi dari hadis Islam dalam peragaan busananya, Savage X Fenty, pada 2 Oktober lalu.

Pertunjukan tersebut menggunakan lagu “Doom,” sebuah lagu oleh produser musik Coucou Chloe yang mengambil sampel sebuah hadits, teks suci Islam. Hadis yang digunakan adalah penjelasan Nabi Muhammad SAW mengenai hari kiamat.⁣⁣

Deretan model dalam peragaan busana Rihanna itu mengenakan pakaian dalam terlihat memperagakan pakaiannya dan menari dengan lagu berbahasa Arab. Setelah video-video itu tersebar, para warganet Muslim langsung berang.

Banyak yang mengatakan bahwa hadis itu sangat penting dalam ajaran agama Islam. Salah seorang warganet menyoroti Rihanna yang selama ini mengedepankan inklusi dalam tiap karya dan acaranya.

“Acara Rihanna ini seharusnya menjadi lambang inklusi, tapi dia malah benar-benar mengasingkan komunitas Muslim dan menghina hadis. Ini merupakan contoh nyata bagaimana merek fesyen dan media tak pernah menganggap kami sebagai audiensnya,” kata warganet itu.

Sementara itu, pencipta lagu Doom Coucou Chloe meminta maaf kepada publik soal lagunya yang dibawakan Rihana pada acara peragaan busana, Savage X Fenty itu.

“Saya ingin meminta maaf yang mendalam atas pelanggaran yang disebabkan oleh sampel vokal yang digunakan dalam lagu saya ‘DOOM’. Lagu itu dibuat menggunakan sampel dari trek Baile Funk yang saya temukan online. Saat itu, saya tidak tahu bahwa contoh-contoh ini menggunakan teks dari sebuah Hadits Islam. 1/2”, tulis Coucou Chloe di akun Twitternya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here