(Foto: Youtube)

MINEWS, JAKARTA – Warga di Kabupaten Majalengka mendadak heboh usai kemunculan pelangi berwujud tak lazim.

Berbeda dari pelangi biasanya, pelangi di langit Majalengka muncul dan berputar di atas awan. Foto-foto ‘pelangi berputar’ ini pun jadi viral di jagad maya.

Menurut seorang warga bernama Lili Yulianti, kemunculan itu terjadi pada sore hari sekitar pukul 17.00. Fenomena tak biasa ini lantas membuat warga bertanya-tanya.

Menjawab rasa penasaran tersebut, Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Bayu Satya pun memberi penjelasan.

Ia memaparkan, jika posisi pelangi yang berada di atas awan membuatnya terlihat seolah berputar. Padahal, sebenarnya pelangi tersebut tidak bergerak.

Sementara itu, Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn menjelaskan jika pelangi berputar itu adalah fenomena yang biasa. Menurutnya, proses pembentukannya pun sama saja dengan pelangi pada umumnya.

Lantas, apakah fenomena ini berbahaya? Sebelumnya banyak netizen berspekulasi jika pelangi putar ini merupakan sebuah pertanda bencana alam. Tapi ternyata, pendapat itu tidak benar.

Fenomena pelangi putar ini juga bukan pertanda pergantian musim seperti yang diterka-terka netizen lho. Dikutip dari Boombastis, menurut Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Faiz, pelangi putar bukan pertanda musim akan berganti. Fenomena ini tidak memiliki dampak apapun, katanya.