Heboh! Ceramah Ustaz Soal Tumpeng Bikin Auto Jadi Hindu, Kaesang Tanya Begini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ceramah ustaz Abdul Aziz yang membahas tentang tumpeng menjadi perbincangan hangat publik. Pasalnya, ia menyebut barang siapa yang membuat tumpeng artinya mereka telah berkeyakinan Hindu.

Potongan ceramah yang menyebut tumpeng merupakan simbolisasi dari agama Hindu itu pun salah satunya dibagikan oleh akun Twitter bernama @HafidzAlattas. Ia pun mengajak kepada jemaahnya untuk meninggalkan tradisi membuat tumpeng dan beralihlah kepada bentuk yang lainnya.

Dalam video yang dibagikan, Ustaz Abdul Aziz mengawalinya dengan sebuah pertanyaan yang mengulas konsep tumpeng. Menurutnya, segitiga tumpeng merupakan perwujudan atau manifestasi trimurti dewa Hindu yaitu Shiwa, Wishnu dan Brahmana.

“Pertanyaan kelima apakah Anda kenal dengan ini ayah bunda (menunjukkan gambar tumpeng)? Kira-kira kalau ini bukan gambar, ini kenyataan sehabis kajian ini kita makan enak nggak ayah bunda? Kalau ayah bunda katakan enak, saya katakan tak enak ayah bunda, kenapa?,” kata ustaz Abdul Aziz.

Ustaz Abdul Aziz menjelaskan dalam tumpeng mengandung konsep hindu. Di menjelaskan dalam keterangan di kitab Manawa Dharmasastra Weda Smrti, bahwa orang Hindu kasta terendah, Kasta Sudra membuat tumpeng sebagai pengganti kesaksian kehinduan.

“Konsep di dalam agama Hindu kastra Sudrayang sulit baca Om swastyasyu awikina wastu Eka eva Brahman sadahatnya sulit ngga itu ayah bunda? Maka di dalam kitab itu Kasta Sudra cukup membikin tumpeng. Bentuknya segitiga yang dimaksud di sini adalah trimurti, manifestasi Dewa Brahma Shiwa dan Wishnu,” jelas ustaz tersebut.

Lebih lanjut, menurut keyakinan orang Hindu barang siapa yang membuat tumpeng artinya mereka telah berkeyakinan Hindu. “Umat Hindu mengatakan barang siapa yang sudah membikin tumpeng dia sudah bergama Hindu,” jelasnya.

“Ada imbasnya nggak sama kita yang dikatakan saudara kita itu? Rasul SAW bersabda barang siapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dalam golongan itu,” lanjutnya.

Kata Ustaz Abdul Aziz, kalau orang mau syukuran, solusinya adalah mengubah bentuk dari tumpeng sendiri. “Tak usah menyerupai orang yang bergama Hindu, tak udah bikin tumpeng. Anda ratakan saja bisa ditaruh di piring atau kotak makan,” kata dia.

Menanggapi hal tersebut, Kaesang Pangarep membagikan gambar tumpeng yang cukup menggelitik. Alih-alih tumpeng berbentuk kerucut, yang diunggah oleh Kaesang Pangarep justru berbentuk karakter Hello Kitty.

“Kalo tumpengnya helo kiti gimana?” tulis Kaesang.

 

Sontak, cuitan Kaesang unggah foto tumpeng Hello Kitty tersebut mendadak viral dan mendapatkan berbagai tanggapan dari warganet.

“Gak ngerti lagi an**m! Apaan si woy!! Gue praktek prakarya bikin nasi tumpeng bentuk kerucut dong!! To**l banget tuh ustadz! Tolong lah ya!!! Ustadz kek gitu meresahkan!,” kata @Fi**_Aq.

“Kenapa ya orang2 kaya gitu kebanyakan dibalik akun embel embel “sunnah”?,” komentar @sas**fap.

“Tumpeng nggak boleh jangan² nanti nasi pecel nggak bolehin juga.,” kata @Ikaw**nlsr.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini