Unggahan Facebook Andy Goin

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa foto anak ikan hiu albino bermata satu viral di media sosial. Ikan tersebut ditemukan di di Dusun Jarukin, Kecamatan Aru Selatan Utara, Kabupaten Kepulauan Aru.

Kabar tentang ikan hiu unik ini diketahui dari unggahan Facebook Andy Goin pada Selasa 13 Oktober 2020. Dalam postingannya terdapat tagar #mohondibagikankeyglain.

“Pada tanggal 10/10/2020. Telah di temukan seekor anak ikan hiu bermata 1 di dusun jarukin, kecamatan Aru Selatan Utara Kabupaten Kepulauan Aru….,” tulis akun Facebook tersebut dikutip Rabu 14 Oktober 2020.

Ikan tersebut memiliki badan seperti ikan hiu. Hanya saja, ia tidak memiliki moncong lancip layaknya hiu pada umumnya dan dibagian ujung hidugnya itu malah ada sebuah bola mata yang cukup besar.

Pada tanggal 10/10/2020. Telah di temukan seekor anak ikan hiu bermata 1 di dusun jarukin, kecamatan Aru Selatan Utara Kabupaten Kepulauan Aru….#mohondibagikankeyglain

Posted by Andy Goin on Monday, 12 October 2020

Postingan ini juga diunggah ulang oleh akun Instagram bernama @nenk_update hingga disukai lebih dari 3,8 ribu pengguna. Beragam komentar pun membanjiri unggahan tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa fenomena ini bukanlah sesuatu yang baru. Ikan hiu seperti ini juga pernah ditemukan di Meksiko beberapa tahun silam.

Dalam istilah ilmiahnya, kelainan pada ikan yang penampakannya mirip seperti tokoh Mike Wazowski dalam film animasi Monsters Inc. ini disebut cyclopia atau cyclops. Cyclopia bisa terjadi pada hewan apa pun, bahkan juga bisa terjadi pada manusia.

Penemuan ikan hiu bermata satu ini pun diunggah ke YouTube pada Maret 2015 lalu. Video berjudul “Cyclops Shark With One Eye” diunggah akun Animal Wire.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here