Heboh Batik Diklaim Berasal dari China, Netizen Indonesia Emosi: dari Jawa!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Batik merupakan salah satu kesenian asli Indonesia yang telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Sayangnya, ada saja bangsa lain yang mengklaim batik sebagai budayanya.

Seperti yang baru saja terjadi. Salah satu media lokal Tiongkok menyebut batik sebagai kerajinan tradisional asli China.

“Batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di Tiongkok. Menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang akan mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan lilin. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern. #AmazingChina,” tulis media China Xinhua News dalam akun Twitter resminya, @XHNews, dikutip Minggu, 12 Juli 2020.

Pernyataan tersebut tak pelak membuat netizen Indonesia geram. Netizen Indonesia pun beramai-ramai memprotes lewat komentar di Twitter.

“Maaf, tapi batik adalah milik kami, jangan mencoba untuk mengklaimnya. Batik berasal dari Jawa, Indonesia,” tulis seorang netizen.

“Walaupun etnis Tiongkok mempraktikkan karya seni wax-arts as di sana, bukan berarti itu disebut ‘batik’,” tulis netizen lainnya.

1 KOMENTAR

  1. Sepertinya indonesia harus lebih gencar lagi dalam mempromosikan batik sebagai warisan budaya, sehingga tidak ada lagi negara lain yang mengklaim batik sebagai milik mereka #KomenPositif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini