Heboh! Babi di Cina Bisa Bicara, Pemilik Disuruh Makan 9 Telur Agar Tak Kena Virus Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, guizhou – Di tengah-tengah hebohnya wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, Cina diterpa rumor aneh yang menyebutkan ada seekor babi yang bisa bicara bahasa manusia.

Dalam rumor tersebut, si babi berkata ke pemiliknya agar dia memasak serta memakan sembilan telur sebelum matahari terbit agar tidak terjangkit virus corona.

Rupanya, banyak yang termakan oleh rumor itu. Terbukti dari sejumlah netizen asal Negeri “Panda” itu mengunggah gambar sedang memasak telur di media sosial.

Otoritas di Provinsi Guizhou, Cina, dilaporkan menangkal rumor aneh tentang babi yang bisa bioara di tengah wabah virus corona. Dilansir Guizhou Metropolis Daily via SCMP, rumor tentang babi berbicara itu mulai muncul sejak 5 Februari lalu.

Otoritas Guizhou langsung bergerak cepat dengan melacak pihak yang pertama kali menyebarkan hoaks itu. Setelah ditelusuri, kabar burung itu bersumber kepada seorang perempuan.

Berdasarkan keterangan polisi, si perempuan yang tidak diketahui identitiasnya membagikan rumor itu setelah membaca bahwa telur bisa meningkatkan imun tubuh. Dia kemudian ditahan selama 10 hari sebagai hukuman.

Selain rumor, pemerintah juga harus berurusan dengan ulah publik yang mengabaikan anjuran mereka. Pihak berwenang sudah meminta warga seantero negeri untuk pergi ke luar atau berkumpul dalam jumlah besar.

Namun, masih saja ada yang tak peduli. Mereka yang tidak peduli biasanya adalah pemain mahjong, permainan populer di Cina, yang membutuhkan minimal empat orang.

Padahal, pada Kamis pekan lalu 6 Februari 2020, komisi kesehatan di Provinsi Zhejiang menyatakan, mereka melihat kasus penularan di Quzhou County terjadi karena permainan mahjong.

Karena itu, pemerintah Jiuhua County menyita lebih dari 600 meja mahjong, atau mengambil sejumlah kartu penting dari penduduk. Pejabat setempat Zheng Shihua mengatakan, adalah kegiatan normal bagi warga untuk memainkannya saat perayaan Tahun Baru Imlek.

“Sejak wabah ini kami sudah meminta mereka untuk berhenti. Ada yang mendengarkan, ada yang tidak. Ada saja yang berusaha kucing-kucingan dengan kami,” papar Zheng.

Dia melanjutkan, warga akan mendapat lagi meja mahjong tersbut, dan diizinkan memainkannya jika wabah virus corona itu berakhir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini