Gawat! Demam Berdarah Dengue Bisa Ditularkan Lewat Berhubungan Intim

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Ada banyak kasus Demam berdarah dengue (DBD) terjadi setiap tahunnya di berbagai negara. DBD adalah penyakit menular akibat salah satu empat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti.

Namun, baru-baru ini ada kasus baru dan pertama kali terjadi dimana seorang pria telah menularkan demam berdarah kepada pasangannya melalui hubungan intim atau seks. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kementerian Kesehatan Spanyol pada Jumat, 8 November 2019.

Kasus ini muncul setelah seorang pria berusia 41 tahun terkena demam berdarah setelah berhubungan seks dengan pasangan prianya yang terinfeksi virus setelah digigit nyamuk di Kuba. Infeksinya muncul kembali pada bulan September lalu.

Para dokter yang menanganinya pun bingung bagaimana dia terinfeksi, padahal tidak pernah mengunjungi negara mana pun yang sering terkena DBD.

Petugas untuk departemen kesehatan Madrid, Susana Jimenez mengatakan, bahwa dia tertular DBD dari pasangannya. Karena menurut pemeriksaan pasangannya itu juga menunjukkan tanda-tanda gejala yang sama, tetapi tidak begitu parah.

“Analisis sperma mereka dilakukan dan mengungkapkan bahwa mereka tidak hanya menderita demam berdarah tetapi juga virus yang persis sama yang beredar di Kuba,” kata Jimenez dikutip dari New Straits Times pada Minggu, 10 November 2019.

Oleh karena itu, diimbau bagi mereka yang aktif secara seksual untuk melakukan pemeriksaan rutin. Hal ini untuk memastikan Kamu tidak membawa virus apa pun yang dapat menginfeksi orang-orang terdekat.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini