Polwan korban pelecehan seksual malah dijadikan meme. (Foto: Twitter/@arman_dhani)

MINEWS, JAKARTA – Bisa dibilang kreatifitas warganet +62 kadang-kadang kelewat batas. Sebab, foto polisi wanita (polwan) yang menjadi korban pelecehan seksual saat mengamankan aksi demo ikut dijadikan meme baru-baru ini.

Foto polwan yang terduduk lemas di atas jalanan beraspal itu dipakai sebagai reaksi dari lagu-lagu galau yang disematkan pada meme itu. Meme itu bahkan sampai viral dan dibagikan ulang oleh pengguna media sosial lainnya.

Fakta soal sosok polwan itu terungkap setelah akun Twitter @arman_dhani menggunggah tautan sebuah berita yang berjudul “Demo Mahasiswa Ricuh, 6 Polwan Jadi Korban Pelecehan.”

Dalam captionnya, akun tersebut meminta maaf karena pernah membagikan meme yang viral itu. Akun bernama Dhani itu pun mengungkapkan bahwa dirinya sudah menghapus meme yang pernah dia unggah itu.

“Polwan yang jatuh dan banyak dipake buat meme. Ternyata korban pelecehan. Aku minta maaf dan sudah menghapus. Kalian yang belum tahu ini beritanya di bawah, foto yang tersebar tidak disensor,” tulis akun @arman_dhani pada Sabtu 16 November 2019.

Berdasarkan informasi, polwan tersebut merupakan salah satu dari enam anggota Polwan diduga menjadi korban pelecehan seksual dan kekerasan, saat menjaga unjuk rasa mahasiswa yang berakhir ricuh di gedung DPRD Riau.

Peristiwa itu terjadi saat aksi mahasiswa Universitas Riau dan Universitas Abdurrab melakukan unjikn rasa yang digelar bertepatan dengan Hari Tani Nasional pada Senin, 24 September 2018.

Unggahan tersebut pun banjir komentar dari netizen. Hingga berita ditulis, postingan akun @arman_dhani itu sudah dibagikan ulang sebayak 5,5 ribu kali dan mendapat 4,5 likes.

“Sebenernya bukan latah sih. Tapi emang orang sini kan suka sama hal yang berbau2 komedi/lucu. Yang penting kan skrg uda tau aslinya gimana. Ya namanya juga buat lucu2an otak refleksnya ya ketawa/seneng ._.,” tulis @andr**ndrea_98.

“Aku sbnrnya pas muncul meme itu mau balas soal masalah difoto itu. Aku pikir malah udah tau semuaaaaa dan sengaja aja pake foto itu krn niat buat meme,ternyata beneran gak tau ya. aku tau ceritanya aja sakit sbg perempuan😔,” komentar @RPrima**na.

“barusan ngeliat meme nya di timeline line 😂ambyar heran dah masih dijadiin meme hadeh,” celoteh @xmeri**ax.