MINEWS, JAKARTA – Malang tak dapat ditolak, mujur tak dapat diraih. Mungkin begitu pribahasa yang menggambarkan nasib seorang pria di kawasan Depok, Jawa Barat.

Dari sebuah rekaman Closed Circuit Television (CCTV) sebuah masjid, terlihat seorang pemuda yang tengah berjamaah salat subuh tiba-tiba meninggal dunia.

Video pertama kali diunggah oleh akun Facebook Yuni Rusmini. Awalnya kondisi pria yang diketahui bernama Nana (23) tampak seperti jamaah lainnya, yang tengah menjalankan salat subuh.

Korban sempat membenarkan pecinya sebelum tiba-tiba tersungkur ke belakang. Nana terlihat mengenakan peci hitam dan baju koko putih. Dalam postingannya, Yuni Rusmini menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi pada Jumat, 26 Juli 2019.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Meninggal saat salat subuh berjamaah di masjid. Telah meninggal dunia saudara muslim kita mas Nana (23 tahun) ketika sedang salat subuh tadi pagi, Jumat 26 Juli 2019 di Masjid Al-Ikhwan, Bukit Cengkeh 1, Cimanggis, Depok⁣. #husnul khotimah buat almarhum. Amin yarroballalamin,” tulisnya.

View this post on Instagram

Warga Depok Meninggal Dalam Keadaan Sholat Subuh⁣ ⁣ ⁣ Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.. Telah meninggal dunia saudara kita mas Nana (23 tahun) ketika sedang shalat Subuh tadi pagi di Masjid Al-ikhwan, Bukit Cengkeh 1, Cimanggis, Depok⁣ ⁣ Simak video inilah bukti kebenaran hadits:⁣ ⁣ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَوْتُ الْمُؤْمِنِ بِعَرَقِ الْجَبِينِ⁣ ⁣ Orang mu`min meninggal dunia dengan (mengeluarkan) keringat didahinya. HR. Ahmad⁣ ⁣ ذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدٍ خَيْرًا اسْتَعْمَلَهُ قَالُوا وَكَيْفَ يَسْتَعْمِلُهُ قَالَ يُوَفِّقُهُ لِعَمَلٍ صَالِحٍ قَبْلَ مَوْتِهِ “Apabila Allah menghendaki kebaikan kepada seseorang, maka Allah akan membuatnya beramal.” Para sahabat bertanya: “Bagaimana membuatnya beramal?” beliau menjawab: “Allah akan memberikan taufiq padanya untuk melaksanakan amal shalih sebelum dia meninggal.” HR. Ahmad dan Tirmidzi⁣ ⁣ مَنْ كَانَ آخِرُ كَلامِهِ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ⁣ ⁣ Barangsiapa yang akhir perkataannya adalah ‘Laa ilaaha illallooh’ maka dia akan masuk Surga. HR. Abu Dawud اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ⁣ ⁣ Semoga Allah memberikan kita hikmah dan anugerahkan beliau dan kita semua Husnul Khotimah. Amin. via : @hannykristianto) #depokterkini #PejuangSubuh

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini) on

Dalam video yang berdurasi satu menit itu, jemaah lain yang berada di sekitar Nana tampak bingung harus berbuat apa. Beberapa jemaah memilih melanjutkan salatnya.

Ada satu jemaah yang berusaha ingin membantu. Namun dia juga seperti kebingungan harus berbuat apa.