Cek Fakta: Heboh Baju Adat Cina Muncul di Uang Pecahan Baru Rp 75.000

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Diluncurkannya uang pecahan baru Rp 75.000 oleh Bank Indonesia (BI) pada Senin, 17 Agustus 2020, ternyata memunculkan kehebohan tersendiri di kalangan netizen.

Tak disangka ada netizen yang berkomentar negatif soal uang baru tersebut. Seorang netizen dengan akun @SalimBo77555895 membuat gaduh jagat maya lantaran menuding pakaian yang tergambar dalam uang pecahan baru Rp 75.000 sebagai baju adat Cina.

“Itu mah jelas Adat CHINA…selama Ane belajar disekolah sampe skarang,Baru Tau Ada Baju Adat Kaya Bangsa China #PantasNGOTOT bikin Uang 75 ribuan,” tulisnya.

Komentar akun tersebut pun langsung ramai dikecam oleh netizen lainnya.

“karena org2 itu otak dan hatinya sudah penuh dengan kebencian dan kedengkian,” kata seorang netizen.

“Itu orang mau ngeledek adat Dayak ya?” komentar yang lain.

“KADRUN gobl*knya KOMPAK. Liat pakaian Dayak Tidung Kalimantan Utara dikira pakaian adat China. Kadrunwati. @Rianaa_na09 bagian yg lempar bola. kadrunlaki @SalimBo77555895 bagian yg nelan bola2 mentah,” tulis akun yang lain.

Setelah ditelusuri oleh minews.id, ternyata gambar baju adat yang dikira baju adat Cina itu merupakan baju adat Suku Tidung gaes. Suku Tidung merupakan salah satu suku yang ada di utara Pulau Kalimantan.

Suku Tidung ini dulunya memiliki kerajaan yang bernama Kerajaan Tidung. Namun dalam perjalanannya, kerajaan tersebut hilang karena politik adu domba yang dibuat penjajah Belanda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini