Bukan dari Buah Srikaya, Begini Cara Mudah Buat Selai Srikaya yang Viral di Twitter

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak yang berfikir jika roti srikaya terbuat dari buah Srikaya. Namun nyatanya roti ini terbuat dari selai dengan campuran santan, telur dan gula.

Untuk membuatnya hanya dibutuhkan 5 bahan dasar. Bahan-bahan tersebut yaitu santan kental, kuning telur ayam atau bebek, gula aren yang dihaluskan, gula pasir, serta daun pandan.

Daun pandan berfungsi untuk memberikan aroma alami yang akan menghilangkan aroma amis dari telur. Penambahan daun pandan dengan jumlah banyak akan membuat aroma selai jadi lebih sedap.

Sementara santan kental yang digunakan sebaiknya berasal dari perasan santan pertama agar nantinya selai yang dihasilkan bertekstur lembut namun kental dan citarasanya gurih.

Ini menjawab pertanyaan kenapa di kemasan selai srikaya nggak ada gambar buah srikaya, tapi malah ada gambar telur atau kelapa. Pantesan nama lainnya egg jam atau coconut jam dan rasanya juga beda sama buah srikaya.

Bisa disebut Selai Srikaya karena selai ini merupakan tradisi bangsa Melayu. Saat itu penamaanya pun menggunakan bahasa melayu yaitu sri atau seri yg berarti cerah, dan kaya yaitu berwarna kuning emas seperti orang kaya.

Akun twitter @denni_aji telah membagikan cara membuat selai srikaya ini tanpa menggunakan Buah Srikaya

1. Siapkan bahan-bahan seperti, 150 gram gula pasir 2. 200 ml santan kental, Daun pandan 4 helai, Air 5 sendok, 2 butir telurr, Vanili, Garam

2. Langkah-langkah:

a. Daun pandan diikat, dan yg 2 lagi diblender pakai air dikit.
b. Tuangkan gula, santan dan ikatan duan pandan ke teflon, masak hingga gula tercampur.
c. Pecahkan 2 telur, aduk, kemudian tuangkan sedikit campuran yg ada di teflon ke telur, aduk rata.
d. Setelah itu tuang ke teflon sedikit2 sambil diaduk. 5. Lalu tuang blenderan daun pandan (blenderannya disaring dulu td lupa) 6. Aduk terus sampai agak mengental.
e. Beri sedikit garam.

(Mila Arinda)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini