MINEWS, JAKARTA – Aksi penolakan hasil pemilu yang dilakukan sejak Selasa, 21 Mei 2019 hingga Rabu, 22 Mei 2019 awalnya berjalan damai. Namun akhirnya berujung ricuh.

Tak hanya diwarnai kericuhan, dunia maya pun sempat diramaikan dengan beredarnya foto serta video yang menyebut adanya anggota Brigadir Mobil (Brimob) Polri yang didatangkan dari negara lain.

Salah satu akun Facebook yang mengunggahnya adalah Ratna Dewi. Akun ini mengunggah foto seorang demonstran dengan 3 anggota Brimob yang mengenakan penutup mulut rapat dan hanya memperlihatkan bagian matanya yang sipit.

“Temen ikut Aksi Yang Hitam2 Diajak Ngobrol Ga Bisa Bahasa Indonesia… Pasukan Import jugakah,” tulis akun Ratna Dewi, dikutip Rabu, 22 Mei 2019.

Menanggapi foto dan video viral itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal dengan tegas membantah. Ia menegaskan tidak ada anggota yang didatangkan dari negara lain, termasuk China.

“Banyak foto dan kebetulan anggota Brimob, yang di-framing dari negeri seberang, yang sipit. Itu tidak ada. Kita bantah. Murni personel Brimob Warga Negara Indonesia,” ujarnya.