Joker Joaquin Phoenix
Joker Heath Ledger-Joaquin Phoenix

MINEWS, JAKARTA – Film Joker yang baru dirilis pada Rabu 2 Oktober 2019 lalu masih menjadi sorotan pecinta film di tanah air. Film garapan Warner Bros ini bisa membuat penonton terhipnotis dan terbawa suasa akan tema ceritanya.

Meski karakter Joker adalah badut, namun film ini bukanlah film komedi yang menampilkan badut-badut lucu. Melainkan, sosok Joker ini adalah badut yang menyeramkan misterius dan menyeramkan.

Olesh karena itu, akhir-akhir ini imbauan tentang larangan membawa anak kecil untuk menonton film tersebut pun gencar dilakukan. Satu diantaranya yakni musisi Anji.

Lewat akun Instagram-nya, @duniamanji, ia memperingatkan para orang dewasa untuk tidak membawa anak kecil saat menonton film Joker. Sebab film ini memang diperuntukan orang dewasa.

“Jangan izinkan anakmu atau anak-anak di bawah 17 tahun menonton (di filmnya sudah diberikan peringatan, tapi orang Indonesia kan suka melanggar aturan tentang pembatasan umur), kecuali kamu siap memberikan informasi tentang penyakit mental dengan beberapa penjelasannya,” tulis Anji pada postingan yang diunggah pada Jumat 4 Oktober 2019.

Lebih lanjut ia menjelaskan banyak adegan tak pantas yang mungkin bisa ditiru oleh anak-anak. Selain itu, ia juga melarang orang-orang yang memiliki masalah kejiwaan untuk menonton film Joker.

Pasalnya dalam film ini seperti ada pesan ada pesan bahwa orang jahat bisa terlahir dari orang baik yang tersakiti. Yang ditakutkan ialah, film tersebut bisa merangsang orang lain untuk berbuat jahat.

“Setelah menonton kedua kalinya, saya merasa film ini sakit dan ‘sakit’. Naskahnya, penokohannya, sinematografinya, musiknya dan lain-lain. Namun juga sakit secara nilai. Saya rasa film JOKER punya potensi menstimulasi penonton (yang bermasalah) untuk menyontoh,” kata dia.

“Selain tidak baik buat anak-anak, film ini tidak saya rekomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah kejiwaan, kecuali ada teman diskusi atau bimbingan,” sambungnya.

Sebelumnya, lewat unggahan di Instagram, Anji juga telah mereview film ini. Ia pun merekomendasikan orang-orang untuk menonton film Joker karena mengajarkan banyak nilai kehidupan sosial.

“Well…,
selamat menonton, jika kamu siap.
Jangan menonton, jika tidak,” tukasnya.

View this post on Instagram

• [review] JOKER. Kamu harus nonton film ini, supaya bisa lebih memanusiakan manusia, terutama yang ‘Istimewa’. . Dalam kehidupan sosial, kita sering ketemu orang yang Istimewa, dalam artian berbeda. Autis. Down syndrome. Sakit mental. Difable. Dan lain-lain. Banyak dari mereka yang tidak mendapat perhatian. Bahkan DIANGGAP TIDAK ADA. Padahal kadang sebuah sapaan dan perhatian kecil saja sudah cukup. . JOKER mengangkat sisi kejiwaan orang istimewa, dari point of view mereka. DARK BANGET. Mencengangkan. Joaquin Phoenix juga aktingnya level dewa. Saya sampe bisa ngerasain sakitnya jadi dia. Depresinya jadi dia. Sampe rumah saya masih bergidik. . Satu lagi, dari film ini saya jadi makin ngeh bahwa Batman lahir karena JOKER. . Kalau kamu ada waktu senggang, nonton. . #rekomendasiAnji

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on