Astaga! Lupa Copot Contact Lens saat Berenang, Cewek Mendadak Buta

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Memiliki penglihatan yang kurang sempurna bisa jadi agak menyusahkan. Pakai kacamata suka gak pede, pakai contact lens atau lensa kontak tapi ribet dan takut lupa malah bikin bahaya diri sendiri.

Seperti yang dialami oleh seorang gadis asal London bernama Miyako Aiko-Murray. Gadis 20 tahun ini pergi berlibur ke Malta pada musim panas tahun lalu dan lupa untuk mencopot lensa kontaknya sebelum dia berenang.

Menurut Metro UK, Miyako berenang ketika ombak menghantam wajahnya dan mengenai mata kanannya. Seketika matanya merah, namun ia tidak menanggapinya terlalu serius.

Satu minggu kemudian, ketika dia menghadiri pernikahan seorang teman, ia merasa bahwa matanya terus berair. Miyako pun merasakan migrain yang sangat hebat dan langsung meminum obat penghilang rasa sakit dan beristirahat selama resepsi pernikahan.

Ia merasa sedikit lebih baik setelah itu tetapi gejalanya bertambah buruk seiring waktu. Akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke dokter setelah merasa sakit melihat seperti ada logam di matanya. Namun ia mengabaikan kekhawatirannya itu, sampai suatu hari ia bangun tidak dapat melihat apa-apa.

“Seorang spesialis menyuruh saya pergi ke A&E ketika rasa sakitnya sangat parah. Saya pergi beberapa kali tetapi mereka tidak benar-benar melihatnya. Saya disuruh pulang dalam lima menit. Seiring waktu, bekas luka tumbuh dan tumbuh. Saya bangun suatu hari dan menyadari bahwa saya tidak bisa melihat apa-apa. Bahkan ketika saya menyalakan lampu saya tidak bisa melihat apa-apa. Saya mulai memanggil ibu saya. Sangat mengejutkan,” jelas Miyako.

Miyako didiagnosis menderita Ancanthamoeba Keratitis (AK) atau infeksi langka yang merusak bagian depan mata, yang lebih banyak terjadi pada pemakai lensa kontak.

Orang tersebut berisiko ketika mereka mengenakan lensa kontak saat berenang, mandi, menggunakan bak mandi air panas, bersentuhan dengan air yang terkontaminasi dan menyimpan dan menangani lensa secara tidak benar. Bakteri menginfeksi kornea, penutup luar mata dan perlu segera diobati jika tidak dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Untuk Miyako, dokter meresepkan pengobatan untuknya dan mengatakan dia perlu mengoleskan obat tetes mata setiap jam selama sebulan dan dia mengatakan rasanya seperti menuangkan pemutih ke matanya.

Sekarang, Miyako sudah berhenti dari pekerjaannya pada Desember 2018 karena harus pergi perawatan dengan biaya yang besar.

Keadaan menjadi lebih buruk pada Maret 2019 ketika ia terkena infeksi bakteri sekunder yang menyebabkan jaringan parut kornea masif dan Miyako dibiarkan depresi dan hancur. Miyako diberi tahu bahwa dirinya membutuhkan transplantasi kornea jika dia ingin melihat lagi.

“Sangat tidak mungkin bagi saya untuk pergi sendiri karena cahaya benar-benar memengaruhi saya. Saya tidak menggunakan telepon atau teknologi apa pun karena membuat saya pusing melihat layar. Saya hanya duduk di ruangan gelap yang menghadapi depresi dan kecemasan,” tukas Miyako.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini