Video TikTok @iben_ma

MATA INDONESIA, JAKARTA – Konten TikTok yang dibuat oleh akun bernama @iben_ma lagi-lagi viral. Sosial eksperimen dirinya yang bertanya soal peribahasa kepada anak-anak jadi perbincangan.

Dalam video yang dibagikan, pria Benjamin Jusuf E. M. A. bertanya pada beberapa anak yang ditemuinya soal peribahasa. Ia melemparkan potongan peribahasa dan meminta anak-anak yang ditemuinya untuk melanjutkan peribahasa tersebut.

“Lengkapi peribahasa berikut yah. Berakit-rakit ke hulu?,” begitu Ben bertanya pada salah seorang anak.

Begitu mengejutkan, anak-anak tersebut malah asing dengan peribahasa yang ditanyakan. Salah seorang anak menjawab, “Rekat-rekat terhulu.”

Pria yang akrab dipanggil Ben itu pun mengulang pertanyaan yang sama. Kembali bocah tersebut memberikan jawaban yang salah. ‘Berenang-renang melulu,” katanya.

Ben kemudian memberikan peribahasa berbeda. “Tong kosong?” tanyanya. “Nggak tahu bang,” jawab bocah yang memakai kaus garis merah biru.

Dalam video selanjutnya, Ben kembali meminta bocah tersebut untuk melanjutkan perkataannya. Namun, bukan ucapan peribahasa yang dilontarkannya.

“Tarek ses..,” kata Ben. Dan bocah itu spontan membalas, ‘Semongko.’

 

@iben_maInterview Peribahasa 😂🙌🏻 ##semongko

♬ buttercup by jack stauber – kazuki Dio

Video Ben yang diunggah ke TikTok itu sudah sudah dilihat lebih dari 5,6 juta kali. Warganet yang menonton video tersebut sebagian merasa miris kenapa anak-anak zaman sekarang yang tidak bisa menjawab pertanyaan Ben soal peribahasa.

“Ini miris banget loh sebenarnya,” komentar Farzana.

“Beruntung emak pas jaman sekolah selalu beliin sampul buku yang ada peribahasanya. Makasih emak,” tulis akun Root.

“Nangis deh, kenapa peribahasa kayak gitu aja udah pada gak tahu lahi,” kata Nela.

“Kelamaan sekolah online,” komentar Bella sembari menyematkan emoji menangis.

“Ya Allah bisa-bisanya itu gak tahu,” komentar Say.

Sebelumnya, video eksperimen sosial Ben yang menguji pengetahuan anak sekarang tentang para influencers dan tokoh bangsa Indonesia juga pernah viral. Seorang anak pernah kebingungan melihat foto Presiden ke-4 RI Gus Dur.

Seorang bocah mengaku tidak mengetahuinya. Bocah itu malah mengira Gus Dur itu sebagai anggota DPR.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here