Jimin BTS. (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bintang talkshow Dr. Phillip C. McGraw mendapat kritikan dari para ARMY, sebutan fans BTS. Hal ini terkait pernyataannya yang menyebut Jimin BTS sebagai produk ‘pabrikan’ dan tak lebih dari objek marketing.

Pernyataan kontroversial sang psikolog dan pakar sosiologi ini berawal dari salah satu episode acara yang dia pandu, yakni ‘Dr. Phill’. Dalam acara itu, hadir Oli London, fans berat BTS yang terobsesi memiliki bentuk wajah Jimin BTS dan mengubahnya lewat operasi plastik.

Saking terobsesinya, ia bahkan menikahi boneka kertas bergambar Jimin BTS. Melihat obsesi Oli London, Dr. Phil yang telah memandu talkshow sejak 2002 ini pun menjadi prihatin. Dia mengatakan seharusnya Oli bisa lebih mencintai dirinya sendiri bukan sebagai orang yang mirip Jimin BTS.

“Kamu memang bisa melakukan semua ini (operasi plastik dan menikahi papan kertas bergambar Jimin), tapi analisa akhirnya, kemanapun kamu pergi, Oliver selalu bersamamu. Kamu harus berdamai dengannya, dan belajar mencintai bagian dari dirimu itu,” kata Dr. Phil, seperti dilansir Koreaboo pada Sabtu 11 Januari 2020.

Dr. Phil mencoba memberi pemahaman pada Oli bahwa tidak seharusnya dia menjadikan artis atau selebriti sebagai acuan yang berlebihan dalam berpenampilan. Pria 69 tahun ini menyebut sosok Jimin BTS yang membuatnya terobsesi adalah sebuah citra yang sudah diproduksi dan dipasarkan.

“Kamu harus tahu bahwa orang lain yang ingin kamu tiru itu bukanlah dia yang sebenarnya. Dia sudah diproduksi, imej yang dipasarkan,” kata Dr. Phil lagi.

Ucapan Dr. Phil rupanya membuat para ARMY terutama fans Jimin BTS manjadi ‘panas’. Mereka menganggap Dr. Phil telah mendiskreditkan Jimin BTS sebagai sosok nyata. Akun Twitter Dr. Phill, @DrPhiil, langsung banjir kritikan dari penggemar.

“Ok @DrPhil, sejauh yang kita tahu Oli London tidak pernah bertemu Jimin. Dia memuja Jimin dengan cara yang tidak sehat. Pria ini butuh bantuan serius dan Anda malah menyeret penyanyi itu? Dia tidak pernah mengatakan apa pun yang membuat orang ingin terlihat seperti dia. Secara harfiah sebaliknya.,” tulis @jungkoo**heaven.

“‘Manusia pabrikan yang dipasarkan’ Anda mengatakan bahwa di depan seseorang yang melakukan operasi plastik agar terlihat seperti manusia lain yang tidak melakukan apa-apa selain dari keberadaannya. Malu pada Anda laki-laki, malu pada Anda. Pada tingkat ini saya pikir Anda adalah orang yang membutuhkan bantuan, bukan orang-orang yang mendatangi Anda untuk meminta bantuan,” komenta @namu**14.

“Aku benar-benar muak denganmu. Mereka tidak diproduksi. Minta maaf kepada Jimin. Anda harus memanggil Oli untuk menjadi bajingan dan menikahi potongan kardus manusia. Menurut Anda bagaimana perasaan Jimin tentang ini? Dia mungkin jijik bahwa ada orang seperti ini.,” celoteh @trx**a_love.