Anak Berbakti! Pemuda di Purworejo Ciptakan Robot Pembuatan Telur Dadar untuk Bantu Jualan Ibunya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Berbakti kepada orang tua, mungkin itu perkataan yang pas buat seorang pemuda 18 tahun asal Purworejo, Jawa Tengah bernama Agung Budi Wibowo.

Dirinya membantu Sang ibu, Praptining Utami (55) dengan membuatkan sebuah robot untuk membantunya berjualan telur dadar mini. Keberadaan robot unik ini pun sukses membuat jualan ibunya laris manis.

Alasan dirinya membuat robot itu, karena sang ibu memiliki penyakit di mata, sehingga kesusahan menuangkan adonan telur ke loyang. Dia pun berfikir membuat alat yang memudahkan kerja ibunya.

Agung menamakan alat ciptaannya ‘egg filling robot’. Sebagai lulus SMK jurusan teknik kendaraan ringan, dia belajar secara otodidak membuat robot dari youtube. Bermodal Rp1,5 juta, Agung mulai mengotak-atik dan merangkai robot pembuat telur dadar mini itu.

“Komponen casing-nya dari akrilik motor, penggerak lengan robot pakai motor servo pompa, selang dan microcontroller untuk mengatur pergerakan robotnya,” kata Agung.

Ibunya, kata dia sudah berjualan telur dadar mini selama 1,5 tahun. Dan merasa terbantu sekali dengan robot ciptaan anak bungsunya tersebut.

“Mata saya itu kurang jelas, jadi robot ini bisa bantu saya untuk naruh adonan telor ke loyangnya,” kata Prapti.

Menurutnya, anak-anak membeli dagangannya karena tertarik melihat robot tersebut. Telor dadar mini jualan Prapti dijual Rp 500 untuk satu cetakan.

Dia pun membeberkan omsetnya naik dua kali lipat. Jika sebelumnya hanya habis setengah kilogram telur, sekarang satu kilogram.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini