Ilustrasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tahun 2019 segera berakhir. Sudah banyak hal yang viral sepanjang tahun ini di Indonesia.

Tapi, kamu tahu nggak apa saja kata paling sering dicari orang melalui mesin pencarian raksasa Google sepanjang 2019 ini? Kuy, dicek!

1. Bucin

Ternyata  kata ‘bucin’ menjadi urutan pertama yang paling banyak orang cari. Kata bucin memang sedang hangat diperbincangkan anak muda. Terkadang untuk yang belum paham apa itu bucin, mereka mencari pemaknaannya di Google. Padahal maknanya sederhana, yakni ‘budak cinta’.

2. Ferguso

Belakangan ini di Indonesia sedang ramai dengan meme, tidak terkecuali meme dengan kalimat ‘tidak semudah itu Ferguso.’ Bahkan hingga kehidupan nyata, kalimat tersebut sering diucapkan sebagai bahan candaan. Ferguso merupakan anjing peliharaan Marimar yang setia. Marimar adalah Telenovela dari Meksiko yang di produksi pada tahun 1994.

3. GERD

Sepertinya orang Indonesia sangat penasaran dengan penyakit yang satu ini, hingga menjadi kata yang paling banyak dicari nomor tiga di google. Gerd merupakan kepanjangan dari Gastroesophageal Reflux Disease, penyakit ini terjadi karena naiknya asam lambung hingga ke kerongongan, karena katup lambung tidak berfungsi optimal.

4. KKN

Viralnya kisah dari KKN di Desa Penari, ternyata membuat orang penasaran. Banyak yang ingin mengetahui tentang apa itu KKN, sehingga fenomenal KKN di Desa Penari ini bisa viral. Banyak juga mahasiswa yang akan melaksanakan KKN, mencari tahu di laman google untuk bekal pelaksanaan KKN.

5. Unicorn

Istilah Unicorn mendadak viral dan banyak diperbincangkan netizen. Istilah ini muncul ketika debat Capres-Cawapres tentang kebijakan pemerintah dalam mengembangkan Unicorn Indonesia. Unicorn merupakan sebutan bagi Startup yang memiliki nilai diatas satu miliar dolar Amerika Serikat, yang setara dengan 13,9 triliun rupiah.

6. Japri

Kamu pasti pernah dengar kata japri. Anak muda jaman sekarang sangat populer dengan penyingkatan kata, termasuk kata japri atau jalur pribadi. Biasanya mereka menggunakan kata tersebut dalam percakapan di media sosial atau ketika melakukan transaksi dengan online shop.

7. Mukbang

Fenomena Mukbang saat ini sedang menjadi trend dikalangan Youtuber. Tidak heran jika banyak orang yang penasaran tentang apa itu Mukbang. Karena saat ini banyak sekali para Youtuber yang menjadikan kegiatan Mukbang sebagai konten dalam video mereka.

Trend Mukbang berasal dari Korea, yaitu Muk-Ja yang artinya makan dan Bang-Song yang berarti siaran. Jadi Mukbang adalah kegiatan siaran makan, dimana seseorang menayangkan dirinya yang sedang melakuan kegiatan makan dan ditonton oleh para pemirsa di internet.

8. Podcast

Generasi milenial Indonesia saat ini sedang asik dengan kegiatan podcast. Tapi banyak juga yang belum paham, apa itu podcast sehingga mereka mencarinya di laman Google. Podcast merupakan sigkatan dari ‘iPod’ dan ‘Broadcast.’ Podcast adalah siaran non-streaming yang disampaikan melalui audio. Dalam Podcast kamu bisa mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing tentang suatu hal, siaran yang ditanyangkan bisa diputar ulang pendengar.

9. Santuy

Candaan dalam kalangan anak muda sepertinya sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan memplesetkan kata sepertinya sudah menjadi trend dan kebiasaan di kalangan anak muda. Salah satunya kata ‘Santuy’ yang menjadi tranding di twitter pada tahun 2019. Bahkan banyak warganet yang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Santuy merupakan plesetan kata dari bahasa baku menjadi tidak baku. Kata santai yang diplesetkan menjadi santuy, digunakan sebagai bahan candaan di kalangan anak muda. Kata santuy yang berarti bebas dari rasa tegang, keadaan bebas dan senggang.

10. Halu

Apa itu halu? Kata yang sering diucapkan kalangan anak muda jaman sekarang. Bahasa gaul ini, menjadi kata yang banyak orang cari di laman Google. Bahkan salah satu penyanyi menjadikan kata halu sebagai judul dalam lagunya. Kata halu berasal dari halusinasi, kondisi dimana seseorang yang banyak menghayal sesuatu hal yang sulit terwujud. (Hastina/RyV)