10 Fakta Unik Senjata AK-47, Nomor 6 Gokil Abis!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Dunia militer maupun seluruh pemberontak di semua negara di dunia pasti sudah tahu tentang AK-47. Senjata buatan Uni Soviet ini paling popular di dunia.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu sisi lain senjata yang paling banyak menewaskan manusia dibanding serangan roket dan tembakan meriam itu. Berikut 10 fakta unik tentang senjata yang didesain Mikhail Kalashnikov tersebut:

1. Mikhail Kalasnikov bukan perancang senjata. Ia komandan pasukan tank Uni Soviet pada Perang Dunia II. Dalam Pertempuran Bryansk 1942, Kalashnikov terluka dan dilarikan ke rumah sakit. Saat dirawat, Kalashnikov mendengar beberapa tentara infantri yang menjadi pasien rumah sakit itu mengeluh tentang senjata buatan Uni Soviet. Kalashnikov memutuskan mengatasi keluhan itu.

2. Senapan Kalashnikov pertama diproduksi 1947, dua tahun setelah Perang Dunia II usai. Kalashnikov mendapat penghargaan Stalin Prize dan Order of the Red Star. Dalam konflik yang melibatkan tentara Uni Soviet dan Rusia, AK-47 menjadi perbincangan di seluruh dunia.

3. AK-47 menikmati sukses global karena diproduksi dengan biaya murah, mudah digunakan, dan tersedia dalam jumlah besar. Senapan itu berfungsi di segala medan, mulai dari gurun pasir sampai medan rawa-rawa. Banyak produsen senjata menyebut AK-47 sembagai simbol kreatif dan kejeniusan orang Rusia.

4. AK-47 masuk ke dalam Guinness Book of Records sebagai senjata dengan penyebaran ke seluruh dunia paling masif, dengan jumlah mencapai 100 juta pucuk.

5. Andrey Kirilenko, pebasket Rusia paling populer, lahir di Izhevsk – kota yang memproduksi AK-47. Saat bermain dengan Utah Jazz dan Minnesota Timberwolves di kompetisi NBA, Kirilenko menggunakan nomor 47.

6.AK-47 menjadi senjata yang paling banyak merenggut korban, dibanding artileri dan serangan roket. Sampai saat ini setiap tahun 250 ribu orang tewas akibat perluru dari laras AK-47.

7. Sepanjang hidup, Mikhail Kalashnikov tidak pernah dikecam atas penciptaan AK-47,meski dunia tahu senjata itu membunuh banyak orang. “Saya tidur nyenyak. Bukan saya yang menimbulkan konflik, tapi politisi yang gagal menghentikan konflik,” katanya dalam wawancara pada 2007.

8.Senapan Kalashnikov berlapis emas ditemukan tentara AS di rumah Saddam Hussein. Senjata itu diduga koleksi pemimpin Irak yang digulingkan AS.

9. Ada resep minuman bernama Kalashnikov Shot, yang berupa campuran vodka, absinth, lemon, kayu manis dan gula. Ada pula vodka bermerk Kalashnikov, dengan betol menyerupai bentuk AK-47

10. Selama Perang Vietnam, banyak tentara AS mengganti senapan M16 dengan AK-47 milik prajurit Viet Cong yang terbunuh. Kini, Angkatan Laut AS kerap membawa AK-47 di lemari senjatanya.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini