Ini yang Dibahas Joe Biden dengan Sekjen PBB

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden berbicara dengan Sektretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. Keduanya membahas mengenai perlunya kemitraan yang kuat untuk memerangi pandemi virus corona dan perubahan iklim –dua area yang justru dijauhi Presiden Donald Trump.

Trump menyebut perubahan iklim sebagai “hoax” alias “tipuan.” Pada 2017, Presiden Trump menarik Paman Sam keluar dari kesepakatan global untuk mengatasi perubahan iklim.

Sementara Biden justru sebaliknya. Mantan Senator Delaware itu telah berjanji membawa AS kembali ke kesepakatan yang ditandatangani tahun 2015.

Bukan hanya itu, Trump juga memangkas pendanaan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Bahkan mengumumkan rencana Amerika Serikat untuk menarik diri dari badan kesehatan global tersebut.

Melansir English al Arabiya, Selasa, 1 Desember 2020, Trump menuduh WHO sebagai boneka Cina di tengah pandemi virus corona. Namun lagi-lagi, Biden memastikan bahwa ia akan membatalkan rencana Trump.

Selain dua topik di atas, Biden dan Guterres juga membahas “menangani kebutuhan kemanusiaan; memajukan pembangunan berkelanjutan; menegakkan perdamaian dan keamanan dan menyelesaikan konflik; dan mempromosikan demokrasi dan hak asasi manusia.” Demikian diungkapkan tim transisi Biden dalam sebuah pernyataan.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini