Lebih 150 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Suci

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Data dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) per Sabtu 27 Juli 2019 menunjukkan bahwa jemaah Haji Indonesia yang telah tiba di Tanah Suci, baik Makkah maupun Madinah sudah berjumlah lebih dari 150 ribu orang.

Jumlah tersebut berasal dari 372 kloter yang diberangkatkan dari 13 embarkasi haji di Indonesia, yakni Embarkasi Padang, Medan, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Banjarmasin, Balikpapan, Ujung Pandang, Lombok, Surabaya, Batam, Palembang, dan Solo.

Dari 327 kloter yang tiba di Arab Saudi, sudah 195 kloter yang telah diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah. Artinya, sudah 88 persen jemaah sudah atau sedang menuju Makkah dan hanya menyisakan 35 kloter lagi untuk diberangkatkan pada Minggu 28 Juli 2019.

Seperti diketahui, total jemaah haji Indonesia tahun 2019 ini berjumlah 231 ribu orang, dengan rincian 214 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus.

Adapun jamaah haji yang wafat sebanyak berjumlah 23 orang. Tiga jamaah tambahan yang wafat bernama Amin Sutikno Ahmad Karjo dari kloter 2 Embarkasi Surabaya, dan Rabiun Daliman Arsyad, jamaah kloter 6 Embarkasi Lombok, dan Saleh Sailani Kardi dari Kloter 22 Embarkasi Surabaya.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini