Kemenag Imbau Jemaah Haji Tidak Simpan Air Zamzam di Dalam Koper

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Hari ini, Kamis 15 Agustus 2019, rencananya seluruh jemaah haji yang berada di Arab Saudi akan melakukan penimbangan bagasi. Nah dalam proses tersebut, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kemenag mengimbau agar tak ada jemaah yang menaruh atau membawa air zamzam di dalam koper yang akan dibawa pulang ke Indonesia.

Larangan ini disampaikan langsung oleh Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid yang mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, banyak jemaah Indonesia yang kedapatan membawa air zamzam di dalam koper.

“Percuma memasukkan air zamzam ke koper, karena saat penimbangan pasti dikeluarkan,” kata Subhan, Rabu 14 Agustus 2019.

Subhan menyampaikan, hari pertama penimbangan bagasi jemaah akan dilakukan kepada 15 kelompok terbang, yaitu : JKS 1-4; SUB 1-3; PLM 1; LOP 1; PDG 1; SOC 1-3; BTH 1; serta UPG 1.

Penimbangan bagasi akan dilaksanakan di pemondokan masing-masing. Untuk itu masing-masing jemaah diharapkan sudah mempersiapkan kopernya sebelum ditimbang dan dibawa pulang ke Tanah Air.

Ia juga mengingatkan agar jemaah tidak menggunakan pelindung koper berbentuk jaring-jaring serta membawa barang lain yang dilarang seperti gas, magnet, senjata tajam dan mainan yang menggunakan baterai. Jemaah juga diimbau tidak membawa uang tunai lebih dari Rp 200 juta.

Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan, rencananya pemulangan jemaah haji akan mulai dilaksanakan pada 17 Agustus 2019, bertepatan dengan momen HUT Kemerdekaan ke-74 RI.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini