Haid Saat Berhaji? Ini Sederet Tips yang Sebaiknya Dilakukan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mengalami haid setiap bulan adalah hal yang lumrah bagi para wanita. Namun ada kalanya hal tersebut menjadi agak mengganggu terutama saat kita seseorang sednag menjalani ibadah haji.

Namun jangan khawatir, kamu yang mengalami haid saat berhaji tetap bisa menjalani rangkaian aktivitas ibadah dengan sebaik-baiknya. Lakukan beberapa tips berikut ini agar ibadah haji berjalan nyaman meski sedang haid.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita Haid Saat Haji

Pertama, kamu harus tahu hal apa saja yang tidak boleh dilakukan wanita haid saat berhaji. Hal yang diharamkan adalah Tawaf, baik Tawaf Wajib maupun Sunah.

Adapun selain Tawaf, kamu bisa tetap menjalani rangkaian ibadah lainnya seperti Sai, Wukuf, Mabit di Muzdalifah dan Mina, hingga melempar Jumrah.

Ikhas Terima Ketentuan Allah

Kamu harus ikhlas menerima ketentuan Allah bahwa seorang wanita memang akan mengalami haid. Meninggalkan perbuatan yang diharamkan bagi wanita haid justru bisa menjadi ladang pahala tersendiri bagi kamu saat menjalankan ibadah Haji.

Lakukan Ibadah dengan Sungguh-sungguh

Laksanakan ibadah selain Tawaf dengan sungguh-sungguh, misalnya Sai, Wukuf, melempar Jumrah, mabit di Mina dan Muzdalifah, hingga berzikir kepada Allah.

Bisa Gunakan Obat Penunda Haid

Jika ingin menunda atau mencegah haid, sebagian ulama ada yang membolehkan untuk mengonsumsi obat pencegah haid ketika haji dengan syarat tidak membahayakan bagi kesehatan wanita dan diizinkan suaminya.

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini