Amirul Hajj: Perjalanan ke Arafah Lancar dan Gak Macet

Baca Juga

MINEWS, ARAFAH – Jemaah asal Indonesia sejak Jumat pagi, 9 Agustus 2019 diberangkatkan dari Kota Mekkah menuju Arafah secara bergelombang. Mereka diangkut menggunakan bus yang telah disediakan.

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, meski perjalanan menuju Arafah tersebut hingga saat ini tidak ditemukan kendala berarti. “Sejak tahap pertama pagi hari lalu, siang, dan kemudian sore, semua sudah berada di sini,” katanya di Arafah, Arab Saudi, Jumat 9 Agustus 2019.

Meski menggunakan bus, lanjut Lukman, pergerakan jemaah dari Mekkah ke Arafah masih sesuai harapan. Baik dari sisi waktu cukup cepat dan tidak ada kemacetan di jalan raya.

Diketahui, perjalanan dari daerah Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Mekkah di Syisyah, Mekkah, menuju Arafah yang berjarak 21,9 km memakan waktu kurang dari satu jam.

Meski Kota Mekkah cenderung lengang, namun jalanan menuju Arafah dipadati bus-bus yang mengangkut jemaah dari berbagai negara dari seluruh dunia. Kepadatan justru terjadi di sejumlah titik yang menuju Arafah.

Selain ketepatan kedatangan di Arafah, Menag juga menilai tenda-tenda di Arafah dalam kondisi yang baik secara keseluruhan. Termasuk kesiapan dapur dan makanan dalam kondisi baik.

“Meskipun, satu-dua ada yang AC-nya tidak bekerja normal, tapi segera kita laporkan dan segera dihidupkan kembali,” katanya.

Begitu juga dengan pos kesehatan juga tidak ada lonjakan pasien karena ada beberapa bed (tempat tidur) yang terlihat kosong.

Ia mengimbau jamaah yang sudah sampai di Arafah untuk lebih banyak memanfaatkan waktu beristirahat agar bisa memulihkan stamina. Mengingat Sabtu siang, 10 Agustus 2019, jemaah akan melakukan wukuf dalam suhu yang cukup panas.

“Jadi, sebaiknya selain melakukan ibadah-ibadah maghdoh, dimanfaatkan untuk banyak istirahat di tenda, toh kita juga tidak bisa kemana-mana kan. Di sini lebih baik, makan yang cukup, istirahat yang cukup,” kata Lukman.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini