5 Tips Nabung untuk Ibadah Haji Buat Para Milenial

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Menunaikan ibadah haji tentu menjadi cita-cita seluruh umat muslim. Tak terkecuali bagi para milenial.

Sayangnya, cita-cita berhaji seringkali terkendala masalah biaya. Biaya yang cukup mahal untuk berangkat ke Tanah Suci terkadang membuat para milenial terpaksa menunda keinginannya untuk berhaji dalam waktu lama.

Tapi jangan khawatir, generasi milenial gak mustahil kok untuk melakukan haji meski penghasilan bulanannya pas-pasan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan para milenial agar dana haji cepat terkumpul. Langsung saja yuk kepoin!

Niatkan Sedini Mungkin

Banyak orang yang baru berniat haji dan baru mulai menabung ketika usia sudah cukup dewasa atau bahkan lanjut. Nah, ini yang harus diubah gaes.

Niatkan haji dan persiapkan tabungan haji sedini mungkin. Jangan ditunda-tunda. Dengan begitu, insya Allah kamu bisa merealisasikan cita-cita berhaji ketika usia masih muda.

Manfaatkan Fasilitas Pinjaman Bank Syariah

Sekarang, banyak bank syariah yang menyediakan produk pembiayaan haji untuk membantu calon jamaah agar bisa cepat berangkat ke Tanah Suci. Nah, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini gaes!

Tapi, meski memanfaatkan layanan pembiayaan haji dari bank, kamu juga harus sudah punya tabungan haji sendiri ya. Dengan demikian, beban pinjaman yang kamu ambil bisa diminimalkan.

Menabung di Perusahaan Travel Haji

Ada sejumlah perusahaan travel haji yang memberikan kemudahan berupa fasilitas tabungan haji dan umroh. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan layanan ini.

Kamu bisa mencicil biaya haji sedikit demi sedikit setiap bulannya ke perusahaan travel haji. Tapi perlu diingat, pastikan dulu reputasi dari perusahaan travel haji yang kamu pilih. Agar simpanan dana hajimu terjamin keamanannya.

Menabung dengan Besaran Tetap

Kamu bisa menabung dengan besaran tetap per bulannya untuk bisa berangkat haji. Misalnya saja, konsisten menabung sebesar Rp 400 ribu per bulan.

Kamu bisa menabung di bank syariah yang dijamin keamanannya oleh pemerintah. Atau bisa juga di koperasi syariah terpercaya yang memberikan bagi hasil minimal 20 persen setiap tahun.

Harus Dijadikan Prioritas

Nah, poin nomor lima ini kunci utamanya. Jadikan cita-citamu untuk berhaji di usia muda sebagai prioritas. Mulai kurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting setiap bulannya. Budget untuk menuruti gaya hidup konsumtifmu sebaiknya dialihkan untuk tabungan haji gaes!

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini