Kurma (ilustrasi)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jelang bula suci Ramadan, buah kurma menjadi primadona yang haru selalu ada saat sahur maupun berbuka. Memakan kurma pun juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Namun, tahukah kamu kalau kurma tak hanya memiliki satu jenis? Ada beragam jenis kurma yang menjadi favorit banyak masyarakat Timur Tengah, khususnya di bulan Ramadan ini lho!

Biar menjadi inspirasi kamu saat membelinya, yuk simak sederet jenis kurma paling favorit beserta harganya.

1. Kurma Mazafati

Kurma pertama ialah mazafati. Kurma ini memiliki bentuk yang oval berukuran sedang dan warnanya yang lebih gelap dari kurma biasa.

Kurma mazafati tumbuh di sekitaran Kerman, Iran dan memiliki rasa yang manis dan segar. Tak hanya itu, kurma mazafati bisa bertahan dalam waktu cukup lama. Harga kurma ini kisaran 37 ribu Rupiah per 600 gramnya.

2. Kurma Sekki

Selanjutnya ada kurma sekki. Jika jenis mazafati lebih gelap, kurma sekki justru memiliki warna yang lebih kuning dan terang.

Rasa kurma ini tak semanis kurma pada umumnya. Teksturnya pun agak keras, tetapi buahnya empuk saat dimakan. Dilihat di e-commarce, kurma sekki ini berkisar 130 ribu untuk 3 kilogram.

3. Kurma Safawi

Selain jenis-jenis di atas, kurma safawi juga cukup populer dan digemari masyarakat. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menyantapnya. Seratnya tinggi, sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan secara optimal.

Kurma safawi memiliki bentuk oval dan sedikit ramping. Warna buah ini juga lebih pekat gelap dibanding kurma sekki. Nah, untuk harganya, kurma safawi dibanderol sekitar 75 ribu Rupiah untuk 500 gram.

4. Kurma Ajwa

Satu lagi yang sangat populer dan disukai masyarakat Timur Tengah ialah kurma ajwa. Jenis kurma ini juga disebut sebagai kurma Nabi karena sering dikonsumsi oleh Rasulullah SAW.

Kurma ini dianggap sangat spesial, sebab dalam sebuah hadis disebutkan Rasulullah berkata, “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir,” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Kurma ini pun memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna hitam pekat. Rasanya pun mirip seperti kismis dan tidak terlalu manis.

Meski begitu, harga kurma ini terbilang cukup mahal. Untuk satu kilogram saja, kurma ajwa dibanderol hingga 200 ribu Rupiah.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here