Amalan bulan puasa yang dapat dilakukan selain puasa wajib
Amalan bulan puasa yang dapat dilakukan selain puasa wajib

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bulan Ramadan menjadi momentum bagi umat muslim untuk berlomba-lomba mencari pahala kebaikan. Karena di bulan penuh berkah ini semua amalan yang dikerjakan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Selain melaksanakan ibadah puasa, ada juga amalan yang bisa menambah pahala kita hingga berlipat-lipat di bulan Ramadan. Walaupun dilakukan secara sederhana namun berpahala besar bagi yang melakukannya, apa saja?

  1. Menyegerakan berbuka puasa

Ketika adzan maghrib berkumandang, kita diminta untuk segera berbuka puasa. Hal ini merupakan sunnah puasa yang bila dilakukan tentu pahala kita akan menjadi berlipat-lipat.

Hadits no. 658 dari kitab Bulughul Maram, Ibnu Hajar membawakan hadits:

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).

  1. Membaca Al Quran

Selain itu, membaca Al Quran juga bisa menambah pahala kita. Membaca Al Quran saat bulan Ramadan terasa lebih istimewa.

Sebab, Al Quran pertama kali turun pada bulan suci Ramadan. Oleh karena itu kita, sangat dianjurkan untuk membaca Al Quran sebagai amalan bulan Ramadan.

Membaca Al Quran itu sungguh istimewa karena satu huruf yang dibaca dihitung sebagai satu kebaikan sama Allah SWT.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”.

“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

  1. Memberi makan orang yang berpuasa 

Selain, berpuasa kita juga mendapatkan pahala yang sama jika mau memberikan makanan untuk berbuka puasa pada orang lain. Sebagaimana bunyi hadist berikut ini :

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

  1. Sahur di malam hari

Bangun di malam hari untuk makan sahur memang terkadang terasa malas. Tidak heran, banyak yang menyantap makan sahur sebelum tidur atau pada pukul tengah malam.

Padahal, melaksanakan makan sahur akan mendapatkan keberkahan dari Allah. Sebagaimana pesan dari hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari Anas,

Rasulullah SAW bersabda: “Sahurlah kamu sekalian, karena sahur itu mengandung keberkahan.”

  1. Berdzikir

Berdzikir bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Oleh karena itu, saat bulan Ramadan cobalah memperbanyak berdzikir karena menurut hadis, berdzikir di bulan Ramadhan lebih afdhal dari seribu bacaan tasbih di bulan lainnya.

Allah SWT berjanji, bagi siapa yang mengingat-Nya akan juga diingat oleh-Nya. Sebagaimana firman Allah berikut ini:  “Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu” (QS. Al-Baqarah [2]: 152).

  1. Bersedekah

Dalam harta kita terdapat hak orang lain. Oleh karenanya kita harus menyisihkannya. Caranya bisa berzakat ataupun bersedekah.

Apalagi jika bersedekah di bulan Ramadan, amal sedekah kita akan dilipatgandakan. Selain kita bisa terbebas dari api neraka dan bisa mempermudah jalan kita menuju surga.

Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here