Trik Agar Tak Dehidrasi saat Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selama berpuasa di bulan Ramadan, kita tidak makan dan minum dari waktu sahur sampai waktu berbuka. Penting bagi kita untuk menjaga tubuh tak dehidrasi.

Gejala awal dehidrasi dapat ditandai dengan mulut yang terasa kering, pusing, dan rasa lemas. Jika dehidrasi berlanjut, jumlah produksi air seni berkurang dan warnanya menjadi lebih gelap. Gejala ini kadang juga disertai sakit kepala.

Jika seseorang terlalu lama mengalami dehidrasi, maka komplikasi-komplikasi serius bisa terjadi. Ada beberapa cara agar tak dehidrasi saat puasa.

1. Memenuhi kebutuhan cairan harian
Usahakan tetap penuhi kebutuhan cairan harian yaitu dengan minum 8-12 gelas per hari atau 2 liter perhari. Selama berpuasa memang tidak sebanyak di hari-hari biasa tapi bisa dengan membagi waktu minum dari waktu berbuka sampai saat sahur.

2. Menghindari minuman dengan kandungan gula tinggi
Hindari minuman yang mengandung gula tinggi. Minuman dengan kadar gula yang tinggi justru dapat menyebabkan rasa haus, seperti sirup dan softdrink.

3.Menghindari minuman berkafein
Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, atau cokelat. Minuman mengandung kafein bersifat diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran kencing. Saat puasa, efek diuretik ini tidak dapat diseimbangkan dengan asupan cairan yang cukup sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi.

4. Batasi asupan garam
Makanan yang tinggi garam bisa meningkatkan rasa haus, jadi jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan tersebut saat sahur.

5. Perbanyak makan sayur, buah, dan makanan berkuah
Mungkin sulit hanya bergantung pada air putih sebagai sumber cairan. Coba perbanyak konsumsi sayur dan buah karena secara alami mengandung jumlah cairan yang banyak. Makanan berkuah yang hangat, selain menjadi sumber cairan, juga dapat memberi rasa nyaman pada perut.

6. Memperbanyak konsumsi air kelapa
Air kelapa juga baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi selama puasa lho. Air kelapa adalah salah satu bahan alami yang mengandung isotonik dan elektrolit alami. Cobalah masukkan air kelapa di menu buka puasa.

Segelas air kelapa murni bisa membantu mengembalikan ion tubuh yang terkuras. Air kelapa ini juga bisa mengatasi kulit kering karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini