Tips Tak Kalap saat Buka Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Momen berbuka puasa biasanya dijadikan ajang balas dendam karena seharian menahan lapar dan minum. Nafsu makan menggebu setelah berpuasa sering memunculkan “lapar mata” dan menyantap segala jenis makanan di meja makan.

Jangan biarkan hal itu terjadi bila ingin menjadikan Ramadan sebagai kesempatan membuat tubuh jadi lebih sehat.

Terlalu kalap saat buka puasa membuat makanan terlalu cepat masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, perut kembung dan berat badan bisa naik secara cepat.

Berikut tips agar tak kalap saat buka puasa:

1. Dahulukan minum air putih
Meminum air dapat menetralisir tubuh dari keinginan rasa lapar yang tinggi. Ini juga berguna untuk menghindari terlalu banyak makan saat berbuka puasa. Air putih bagus untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh.

2. Tidak lupa mengonsumsi protein
Mengonsumsi protein dapat mengendalikan rasa lapar. Protein diyakini bisa membuat kenyang lebih lama dan tidak membuat perut menjadi kembung.

3. Tidur yang cukup
saat bulan puasa, tidur dapat membantu berhenti memikirkan banyak makanan dan menghindari godaan yang ada. Kurang tidur pun dapat memicu rasa lelah dan memperlambat metabolisme tubuh.

4. Sikat gigi
Trik selanjutnya untuk menahan keinginan terus mengonsumsi makanan yang ada di hadapan adalah menyikat gigi. Ketika gigi sudah bersih, biasanya rasa untuk makan berlebihan akan tertahan.

5. Jangan lewatkan sahur
Tips selanjutnya adalah, tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana untuk mencegah perut terasa cepat lapar saat puasa. Sebaiknya mengkonsumsi sayur-sayuran dan protein rendah lemak agar kenyang lebih tahan lama.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini