Tips Hadapi Puasa Hari Pertama di Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menunaikan puasa di bulan yang penuh berkah ini merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang telah balig dan mampu melaksanakannya.

Selain akan mendapatkan pahala, berpuasa juga bermanfaat untuk kesehatan. Berpuasa juga dapat mencegah kolesterol tinggi, penyakit jantung serta meningkatkan kesehatan mental.

Agar puasa hari pertama dan seterusnya lancar, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika sahur. Ya, apa yang Anda lakukan saat sahur pastinya berpengaruh pada kondisi tubuh selama seharian berpuasa.

Hal-hal yang bisa Anda lakukan di kala sahur supaya puasa di hari pertama sampai satu bulan penuh bisa berjalan lancar dan agar tubuh siap untuk berpuasa dan tidak kaget, berikut cara yang dapat diterapkan:

1. Sahur jelang waktu imsak

Makan sahur dianjurkan menjelang imsak dikarenakan sahur yang terlalu cepat akan menurunkan stamina saat berpuasa. Jika seseorang makan sahur terlalu cepat, otomatis ia akan menahan lapar dan haus lebih dari 14 jam. Kebiasaan ini justru berisiko membuat tubuh makin lama tidak mendapat suplai energi dan zat gizi. Akibatnya, tubuh seseorang bisa jadi lemas karena tidak ada pemenuhan energi yang cukup.

2. Mengasup cukup protein

Saat sahur, salah satu asupan nutrisi yang penting adalah protein. Protein lebih rendah kalori daripada lemak. Selain itu makanan yang mengandung protein lebih membutuhkan waktu lama untuk mencerna daripada karbohidrat.

Oleh karena itu, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Dengan tips sahur ini, kamu bisa memilih beberapa jenis makanan yang mengandung protein, seperti telur, ikan, ayam, tahu, tempe dan lainnya.

3. Membatasi porsi makan saat sahur

Cobalah untuk mengurangi porsi makan agar pencernaan menjadi terbiasa saat sedang berpuasa. Jika tidak dibiasakan, maka akan sering merasakan lapar saat belum memasuki waktu berbuka puasa.

4. Menyiapkan bahan makanan

Saat menyiapkan makanan untuk sahur, hindari untuk lebih awal untuk memasak makanan. Untuk lebih praktisnya, kamu bisa menyiapkan malam sebelumnya dan simpan di dalam kulkas. Lalu, kamu bisa panaskan sebentar saat sahur tiba.

Misalkan ketika membuat ayam goreng. Malam sebelumnya kamu sudah siapkan ayam yang telah diungkep dan simpan di kulkas. Lalu, saat sahur kamu hanya perlu menggorengnya saja. Menyiapkan makanan dengan bangun lebih awal akan menghabiskan waktu. Apalagi waktu sahur tidak banyak.

5. Kembali tidur setelah sahur agar tubuh tidak lemas

Tidak ada salahnya setelah sahur dan salat untuk memilih kembali tidur selama beberapa jam. Tips sahur ini tergantung pada pekerjaan dan gaya hidup kamu. Bisa 2 hingga 3 jam sebelum kamu kembali beraktivitas.

Namun, sejatinya jam istirahat tambahan dapat membantu mengurangi pembakaran kalori. Selain itu, juga dapat membantu kamu merasa lebih segar, sehingga saat menjalani berpuasa tubuh tidak terasa lemas.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini