Tips Aman Puasa untuk Penderita Sakit Jantung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berpuasa memang wajib bagi umat muslim di Bulan Ramadan. Berpuasa juga memiliki sederet manfaat untuk tubuh termasuk bagi para penderita penyakit jantung.

Berpuasa memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan apalagi jika pola makan menjadi lebih teratur dengan asupan gizi yang lebih baik ketika berbuka atau sahur.

Lalu apa saja makanan yang harus diperhatikan bagi pengidap penyakit jantung agar tetap aman menjalankan puasa?

1. Tetap Minum obat teratur
Bagi pengidap penyakit jantung konsumsi obat yang sudah dianjurkan oleh dokter. Jangan hentikan obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Kalau bisa minta juga sama dokter obat yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa.

Kemudian minum air putih putih tidak boleh berlebihan. Hal itu sebagaimana dikatakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Cut Arsy Rahmi SpJP-FIHA. Dianjurkan minum air putih 1,5 liter per hari atau disesuaikan dengan berat badan.

2. Pilih makanan kaya serta dan karbohidrat kompleks
Saat sahur pilih makanan mengandung serat antara lain dari sayuran atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau gandum supaya tahan lapar lebih lama karena gulanya lebih lama dalam darah dan lebih stabil.

Kalau ingin menyantap makanan yang digoreng jangan lupa konsumsi sayuran. Karena kandungan fitosterolnya bisa membantu membuang kolesterol dari gorengan sehingga menghalangi penyerapan kolesterol jahat di dalam usus.

3. Aturan saat berbuka puasa

Saat berbuka puasa pilihlah kurma karena cepat meningkatkan gula darah dan lebih sehat dibanding minuman manis lainnya. Tubuh membutuhkan gula darah naik secara cepat setelah seharian puasa.

4. Hindari lemak tak sehat
Hindari saat berbuka atau sahur mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans tak sehat dari susu full cream, kulit ayam, daging sapi, santan, margarin, sampai gorengan. Karena dapat membuat kadar kolesterol jahat melonjak. Jenis makanan tersebut juga tinggi kalori dan tidak memberikan nilai gizi.

5. Tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga
Tetap rutin seminggu dua kali untuk berolahraga. Ini bagus untuk menjaga jantung. Badan bisa jadi lebih bugar, dan kesehatan jantung lebih terjaga. Olahraga dan aktif bergerak dapat mencegah lesu dan tidak bersemangat saat menjalani puasa.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini