Tips agar THR Tak Hanya Numpang Lewat di ATM

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski mudik masih dilarang pemerintah, namun pembayaran tunjangan hari raya (THR) pastinya selalu dinantikan para pekerja

Ketika sudah dapat THR sebaiknya dimanfaatkan dengan baik agar THR tidak hanya numpang lewat di ATM. THR sebaiknya tidak untuk foya-foya membeli barang yang tidak penting.

Berikut ini beberapa tips mengelola THR dengan baik:

1. Buat daftar tujuan keuangan
Pisahkan uang gaji per bulan dengan uang THR. Sebaiknya uang THR disisihkan untuk dana darurat atau untuk investasi. Jadi lebih baik dipisahkan supaya tidak habis dan bingung mana uang gaji dan THR.

2. Utamakan kebutuhan
Lebaran memang momen kemenangan dan kebahagiaan. Kebutuhan sehari-hari tetap menjadi prioritas utama agar momen lebaran tidak terganggu. Jadi, beli barang-barang yang memang dibutuhkan, jangan mengikuti nafsu.

3. Jadikan THR penuh berkah dengan bersedekah Selanjutnya jangan lupa bersedekah atau zakat yang menjadi kewajiban bagi umat muslim. Ramadan adalah momen tepat untuk sedekah agar THR kamu berkah.

4. Boleh memanjakan diri tetapi harus sesuai kemampuan
Tidak ada salanya menggunakan uang THR untuk memanjakan diri khususnya wanita yang suka belanja atau pergi ke salon. Tapi sesuai kemampuan ya, jangan semuanya dihabiskan untuk belanja.

5. Uang THR untuk bayar utang
Jika memiliki utang yang belum lunas, maka dapat memanfaatkan uang THR untuk melunasi utang yang. Menahan-nahan uutang hanya akan membuat berat diri sendiri. Utang yang terus ditahan akan membuat semakin sulit menyimpan uang karena selalu habis membayar utang. Untuk itu, selagi memiliki uang lebih, tidak ada salahnya menyisihkan untuk membayar utang.

Reporte: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini