Tetap Sehat, Begini Tips Konsumsi Sajian Lebaran Biar Gak Kolesterol

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bulan Ramadan sebentar lagi berakhir. Umat Muslim di seluruh dunia segera menyambut hari kemanangan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Jelang lebaran, masyarakat Muslim sibuk menyiapkan berbagai hal, mulai dari baju baru, dekorasi rumah hingga sajian lebaran.

Tak hanya kue kering, lebaran juga identik dengan makanan berbau santan yang khas. Oper, rendang, dan sebagainya siap tersaji di meja makanmu.

Meski meriah dan nikmat, kamu perlu perhatikan porsinya ya. Sebab, jika makanan lebaran dikonsumsi berlebihan, masalah kesehatan bisa saja mengancam dirimu, salah satunya kolesterol.

Nah, biar lebaran ini tetap sehat, yuk simak cara bijak mengonsumsi sajian Idul Fitri biar gak kolesterol!

1. Tidak Makan Bersamaan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah kolesterol di hari lebaran ialah tidak mengonsumsi beragam jenis makanan di waktu yang bersamaan. Misalnya, hari ini usahakan kamu hanya memakan opor.

Kemudian di hari kedua, kamu boleh menyicipi rendang dan begitu seterusnya. Dilansir Hello Sehat, jenis makanan tersebut mengandung lemak yang bisa menaikkan kadar kolesterol. Untuk itu, kamu perlu bijak memilih satu jenis makanan di hari pertama lebaran ya!

2. Makan dengan Porsi Kecil

Selain membatasi jenis makanan yang dikonsumsi di hari raya, mengurangi porsinya juga sangat mempengaruhi kadar lemak dan kalori yang masuk ke tubuh, lho! Jika ingin kolesterol tetap terjadi saat lebaran, usahakan untuk makan dengan porsi yang kecil.

Makan di piring kecil dengan porsi yang lebih sedikit juga bisa mencegah kolesterol Anda naik. Aturan makan saat Lebaran ini bisa dilakukan untuk mencegah kekenyangan karena makanan menumpuk berlebihan di satu piring besar.

3. Bakar dengan Olahraga

Siapa bilang lebaran kamu tak bisa olahraga? Justru, melakukan olahraga di tengah libur lebaran sangat dianjurkan untuk membantu membakar lemak.

Bayangkan, ada banyak kalori dan lemak yang kamu konsumsi saat hari raya. Mulai dari makanan bersantan hingga sajian kue kering. Maka, berolahraga sembari menghabiskan libur lebaran adalah solusi yang tepat!

4. Konsumsi Suplemen

Satu lagi yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kolesterol di hari raya ialah mengonsumsi suplemen. Jika dipelrukan, langkah ini bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar lemak darah pada tubuh.

Jangan lupa untuk selalu minum air putih dan hindari air dingin usai makan. Air putih yang hangat bisa membantu tubuh melarutkan lemak dari makanan yang kamu konsumsi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini