Sempurnakan Ibadah di Penghujung Ramadan dengan 5 Amalan Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tidak terasa, puasa sebulan penuh akan berakhir, dan seluruh umat muslim di dunia bakal menyambut datangnya hari kemenangan.

Pada hari kemenangan inilah, seluruh umat muslim akan menuju lembaran yang baru yang lebih baik. Nah, sebelum melakukan perayaan, biasanya masyarakat akan melakukan kegiatan takbiran di lingkungan masjid atau berkeliling berkendara memukul bedug sambal mengumandangkan takbir.

Namun, tahun ini akan berbeda, karena masih masa pandemi corona, untuk itu kumandang takbir hanya dilakukan di rumah saja bersama keluarga. Selain itu, masih terdapat beberapa amalan malam takbiran yang bisa dilakukan untuk menambah pahala di penghujung Ramadan.

  1. Menyerukan Takbir

Amalan malam takbiran yang pertama tentu saja dengan menyerukan kalimat takbir. Amalan yang atau ini dikatakan dapat memberikan kesempatan bagi umat muslim untuk memperoleh ampunan, bebas dari api neraka, hingga mendapatkan harapan ibadah yang diterima oleh Allah SWT.

Bukan hanya itu, kegiatan ini juga bisa menjadi kesempatan untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah. Dalam hal ini Allah berfirman pada QS Al-Baqarah ayat 185 : “…hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu.”

  1. Sholat Subuh dan Isya Berjamaah

Amalan malam takbiran yang kedua adalah melaksanakan sholat subuh dan isya secara berjamaah. Seperti diketahui, melaksanakan ibadah sholat subuh dan isya secara berjamaah memang sudah menjadi kebiasaan dan anjuran baik untuk dilakukan sehari-hari.

Namun seseorang yang melakukan ibadah ini di hari terakhir Ramadan atau malam takbiran, maka akan mendapatkan keistimewaan berupa pahala yang berlipat ganda.

  1. Berdoa

Amalan malam takbiran yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berdoa. Seperti diketahui, Allah akan memberikan ampunan yang seluas-luasnya bagi umat muslim yang berdoa memohon kepada Sang Pencipta.

Bukan hanya itu, Allah juga akan menjanjikan berkah pahala yang melimpah bagi umatnya yang rajin melakukan ibadah dan amalan baik di bulan Ramadan.

  1. Berdzikir

Selain memanjatkan doa, berdzikir juga termasuk salah satu amalan malam takbiran yang bisa dilakukan di penghujung bulan Ramadan. Dikatakan, berdzikir merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT.

Bukan hanya itu, berdzikir juga bisa menjadi salah satu upaya untuk mengingat, mendekatkan diri, serta menunjukkan rasa syukur dengan limpahan berkah yang diberikan Allah. Rasulullah SAW pun menganjurkan seluruh umat muslim untuk banyak berdzikir agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

  1. Mempersiapkan Diri untuk Pelaksanaan Salat Idul Fitri

Amalan malam takbiran yang terakhir bisa diisi dengan mempersiapkan diri menuju pelaksanaan sholat Idul Fitri di keesokan harinya. Dalam hal ini, Anda bisa menyiapkan pakaian baik dan rapi yang akan dikenakan saat melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri.

Selain itu, perlu juga menyiapkan wewangian agar pakaian dan tubuh segar saat mengikuti pelaksanaan sholat Idul Fitri. Sebab Allah menyukai hambanya yang berpenampilan rapi, bersih dan wangi ketika hendak menghadapnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini