Ilustrasi berdoa berbuka puasa
Ilustrasi berdoa

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bulan Ramadan 1441 H telah tiba. Bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa diwajibkan untuk membaca niat puasa Ramadan.

Nah niat ini biasanya dilakukan setiap malam. Apakah boleh seseorang membaca Bacaan Niat Puasa Ramadan hanya sekali dan diniatkan untuk 30 hari selama melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1441 H ini?

Ada beberapa pendapat berbeda soal hukum bacaan niat puasa Ramadan langsung sebulan penuh ini. Menurut madzhab Syafi’i, selama puasa Ramadan niat harus dilakukan setiap malam.

Namun, tak mneutup kemungkinan Kamu lupa untuk mengawali niat puasa di malam hari. Maka para ulama menganjurkan niat puasa satu bulan penuh di malam pertama Ramadan.

Sehingga bila suatu hari Kamu lupa untuk niat puasa, maka ibadah puasa yang Kamu jalani tetap sah. Cukup dengan niat satu bulan penuh tersebut dengan mengikuti (taqlid) pada madzhab Maliki.

Imam al-Qulyubi menjelaskan:

وَيُنْدَبُ أَنْ يَنْوِيَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ أَوْ صَوْمَ رَمَضَانَ كُلَّهُ لِيَنْفَعَهُ تَقْلِيدُ الْإِمَامِ مَالِكٍ فِي يَوْمٍ نَسِيَ النِّيَّةَ فِيهِ مَثَلًا لِأَنَّهَا عِنْدَهُ تَكْفِي لِجَمِيعِ الشَّهْرِ

“Disunahkan pada malam pertama bulan Ramadan untuk niat berpuasa sebulan penuh untuk mengambil memanfaatkan pendapat Imam Malik pada suatu hari yang lupa untuk berniat di dalamnya. Karena beliau menganggap niat tersebut mencukupi bila lupa niat pada malam-malam berikutnya di semua malam Ramadan” (Hasyiyah Al-Qulyubi, II/66)

Dalam madzhab Syafi’i (Hasyiyah Al-Jamal, II/31), pada dasarnya memulai niat puasa satu bulan penuh ini hanya sebatas antisipasi, apabila lupa tidak niat puasa setiap malam. Namun umat Muslim tetap harus memulai niat puasa setiap malam, baiknya setelah sholat tarawih.

BACA JUGA: Bacaan Lengkap Niat Salat Tarawih

Kebanyakan, seorang muslim khususnya di Indonesia, biasanya membaca niat puasa di setiap hari. Baik melafalkan niat setelah salat tarawih maupun setelah sahur.

Berikut niat puasa Ramadan beserta artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa.)

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Sedangkan niat puasa Ramadan sebulan penuh, berikut bacaannya:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma syahri ramadhona kul’lihi lil’lahi ta’ala.)

Artinya: “Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini karena Allah Taala”.

Selamat menjalankan ibadah Ramadan 1441 H!

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here