Mengenal Manfaat Kurma dan Kandungan Gizinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kurma menjadi salah satu makanan khas Ramadan yang sering dijadikan camilan saat sahur dan berbuka puasa.

Camilan yang bernama lain Phoenix dactylifera ini, banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah. Kurma bisa dikonsumsi saat masih segar atau sudah dalam bentuk buah kering.

Maka, rasanya perlu diketahui kandungan gizi dalam kurma. Adapun manfaatnya mengutip dari Verywellfit.com, USDA dijelaskan bahwa di dalam kurma terdapat zat gizi mikro yang bermanfaat.

Namun, selama mengonsumsinya perlu tetap memperhatikan kandungan kalorinya. Jika dikonsumsi secara berlebihhan bisa berefek buruk bagi kesehatan.

Sementara itu, berdasarkan Medical News Today, kurma kaya akan polifenol yaitu senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari peradangan. Kemudian, kurma juga dapat memuaskan selera manis dengan tetap memberikan nutrisi penting seperti vitamin B-6 dan zat besi.

Kurma juga mengandung kalium tinggi, yang merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan jantung. Kalium juga membantu membangun otot dan protein dalam tubuh.

Selain itu, dari segi kesehatan, kurma juga memiliki manfaat. Menurut Verywellfit.com, kurma memiliki sejumlah manfaat baik. Pertama, melindungi kanker. Kurma yang mengandung antioksidan dan anti-inflamasi berhubungan dengan pencegahan kanker.

Kedua, yaitu membuat tulang kuat. Magnesium dalam kurma berperan dengan pembentukan tulang. Selain itu, zat besi dari kurma juga membantu memasok simpanan sumsum yang sehat.

Ketiga,kurma dinilai memiliki konsentrasi isoflavon tertinggi. Diketahui bahwa Isoflavon umumnya terdapat dalam produk kedelai, yang sejenis dengan fitoestrogen. Kandungan ini membantu mengurangi gejala menopause.

Terakhir, kurma bisa memberikan rasa manis tanpa menghasilkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan. Selain itu, buah ini juga bisa dijadikan makanan ringan portable yang bermanfaat bagi orang dengan gula darah rendah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini