Menag Minta Masyarakat Tidak Takbir Keliling Jelang Lebaran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengimbau masyarakat agar tidak melakukan takbir keliling menjelang Idul Fitri mendatang.

Meski hal tersebut sudah menjadi tradisi setiap penguhujung Ramadan, namun Menag menyarankan agar dilakukan di masjid saja.

“Takbir keliling tidak kita perkenankan. Silakan takbir di dalam masjid atau musala,” kata Menag Yaqut di Jakarta, Selasa 19 April 2021.

Menurut Menag, takbir keliling yang biasa dilakukan di berbagai daerah, berpotensi menimbulkan kerumunan, sehingga rentan terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Untuk itu, Menag meminta sebaiknya takbir dilakukan di masjid saja, untuk menjaga kesehatan bersama. Selain itu, yang patut diperhatikan adalah kapasitas harus 50 persen.

Pada kesempatan itu Menag juga menjelaskan mengenai keputusan pemerintah menerapkan larangan mudik.

Dia menyampaikan larangan mudik diterapkan karena mudik hukumnya adalah sunah sementara menjaga kesehatan diri keluarga lingkungan adalah kewajiban.

“Jangan sampai yang wajib digugurkan yang sunah. Jadi larangan mudik lebih ditekankan karena kita semua pemerintah ingin melindungi seluruh warga dari penularan Covid-19,” ujar Menag.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini