MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi penderita mag saat menjalankan ibadah puasa harus memperhatikan kondisi kesehatannya. Mereka tak boleh makan sembarangan saat sahur dan buka puasa.

Gejala penyakit mag yang drasakan biasanya adalah perut terasa nyeri, mual, ulu hati terasa sakit, dan muntah. Penderita mag sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat merangsang naiknya asam lambung.

Supaya tetap nyaman dan mag tidak kambuh saat menjalankan puasa, sebaiknya kamu hindari makanan ini.

1. Makanan bersantan
Makanan bersantan seringkali menjadi teman saat berbuka puasa. Ada baiknya tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang bersantan karena bisa memicu perut nyeri.

2. Makanan berlemak
seperti halnya makanan yang bersantan, makanan berlemak juga harus dihindari karna dapat memperlambat pengosongan lambung. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Hindari makanan seprerti, kue tar, cokelat, dan keju.

3. Makanan asam dan pedas
Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang
mengandung cuka dan pedas. Selain itu hindari penggunaan merica berlebihan.

4. Lemon
Lemon terkadang menjadi minuman favorit untuk berbuka puasa karena segar dan bisa menghilangkan dahaga. Namun lemon memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga bisa bikin perut sakit karena menyebabkan iritasi.

5. Makanan yang banyak mengandung gas
Makanan yang mengandung banyak gas juga harus dihindari. Contohnya seperti makanan berlemak, sayuran sawi dan kol, buah nangka, pisang ambon, buah yang dikeringkan, dan minuman yang mengandung soda

6. Daging berlemak
Daging berlemak menjadi salah satu makanan yang harus dihindari bagi penderita mag, karena kandungan lemak tinggi pada daging mampu merangsang produksi asam lambung lebih cepat. Efeknya bisa membuat perut menjadi panas.

7. Makanan yang digoreng

Makan makanan yang tinggi lemak tentu berisiko membuat gejala mag kambuh karena naiknya asam lambung. Makanan yang digoreng juga harus dihindari penderita mag. Alasannya serupa dengan makanan tinggi lemak sebelumnya. Gorengan yang notabene direndam dalam minyak panas cukup banyak mengandung banyak lemak trans.

8. Minuman berkafein
Mungkin kalian pernah dengar, minuman yang berkafein seperti kopi adalah salah satu yang paling dipantang oleh dokter bagi penderti mag. Tidak dianjurkan minum kopi berlebihan karena minuman berkafein dapat memicu atau memperburuk gejala mag.

9. Makanan instan dan makanan kaleng
Ketika buka puasa, terkadang sebagian orang ingin menyiapkan makanan yang serba instan. Padahal makanan siap saji, seperti mie instan hanya akan membuat tubuh kesulitan menyerap nutrisi dibandingkan makanan bergizi lainnya. Makanan kaleng pun tidak mengandung nilai gizi yang baik untuk tubuh.

Reporter: Purwati Soleha

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here