Luangkan Waktu, Ini Manfaat Tadarus di Bulan Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bulan suci Ramadan selalu menjadi momen untuk umat Muslim mengumpulkan pahala. Tak hanya berpuasa, di bulan Ramadan ibadah sunnah juga dilakukan masyarakat Islam.

Salah satunya yang membawa berkah ialah tadarus. Biasanya, umat Muslim melakukan tadarus untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Allah SWT berfirman dalam surat Fathir ayat 29:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,” (Qs. Fâthir [35]: 29).

Rasulullah SAW bersabda terkait keutamaan tadarus di bulan suci Ramadan:

“Puasa dan Alquran itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata, ‘Wahai Tuhanku, aku telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankanlah aku untuk memberikan syafaat kepadanya.’ Dan Alquran berkata, ‘Aku telah melarangnya dari tidur di malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya.’ Beliau bersabda, ‘Maka syafaat keduanya diperkenankan.’”

Maka, melakukan tadarus di bulan puasa tentu akan menghasilkan pahala yang berlimpah. Selain itu, kamu juga akan mendapat banyak manfaat lho! Apa saja? Yuk simak!

  1. Jiwa dan Hati Lebih Tenang

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan ialah jiwa dan hati yang lebih tenang. Saat berpuasa, kamu tak hanya dituntut menahan lapar dan haus, tapi juga hawa nafsu dan amarah.

Dengan bertadarus, Allah SWT akan menjaga hatimu. Dengan begitu, jiwamu lebih tenang dan Insha Allah kamu terhindar dari amarah.

2. Memperkuat Persaudaraan

Selanjutnya, ialah memperkuat persaudaraan sesama muslim. Jika kamu melakukannya di masjid, maka ini bisa membuat ikatan silaturahmi makin erat.

3. Pahala Berlipat Ganda

Membaca satu huruf Alquran, akan dibalas dengan 10 kebajikan oleh Allah SWT, seperti yang telah diriwayatkan oleh Iman-At Tirmidzi dalam hadist Rasullah SAW.

Oleh sebab itu, daripada melakukan kegiatan yang tidak ada artinya, seperti hanya bermalas-malasan saja, lebih baik memperbanyak pahala dengan rutin melakukan tadarus Alquran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini